Chancellor Universitas Djuanda (UNIDA) Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H resmi melantik 210 Wisudawan/Wisudawati dalam Sidang Senat Akademik Wisuda Sarjana dan Sekolah Pascasarjana Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023, Selasa (21/03/2023) di BYC Hall, Lantai 5 Gedung EF, Kampus UNIDA.

Dalam Wisuda ke-47 ini, capaian rata-rata IPK Wisudawan/Wisudawati pada jenjang S1 yakni sebesar 3.32, dan untuk jenjang S2 rata-rata IPK sebesar 3.72. Adapun capaian IPK tertinggi untuk jenjang S1 adalah 3.89 dan IPK tertinggi untuk jenjang S2 adalah 4.00. Sedangkan Masa studi jenjang S1 tercepat ditempuh dalam waktu 3 Tahun 5 Bulan 10 hari, dan masa studi jenjang S2 tercepat ditempuh dalam waktu 1 tahun 5 bulan 30 hari.

Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam arahannya mengungkapkan bahwasanya prosesi Wisuda kali ini adalah wisuda yang istimewa bagi UNIDA, karena wisuda dilaksanakan di kampus secara mandiri dengan sarana prasarana yang lengkap dan memadai. Selain itu, momen istimewa pada Wisuda ke-47 ini juga bertepatan dengan Milad ke-36 UNIDA.

“Kepada seluruh wisudawan dan para mahasiswa berprestasi agar menjaga nama baik almamater, tetap berprestasi, tidak berhenti di sini untuk selalu belajar, dan melanjutkan ke jenjang berikutnya S2 dan S3. Kemudian untuk peningkatan karir dan aktualisasi diri agar selalu berkomunikasi dengan kampus, agar kita dapat mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, bisnis, penelitian, akademik, atau aktivitas sosial lainnya,” ujarnya.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menambahkan, selaku pengelola Universitas sekaligus menjadi orang tua mahasiswa di luar rumah, UNIDA merasa ikut bertanggung jawab untuk senantiasa mendukung kesuksesan para alumni untuk meraih masa depannya.

“Selaku alumni Kampus Bertauhid Anda menyandang nama besar Ir. H. Djuanda dan Anda sekalian mempunyai bekal 21 karakter bertauhid. Jadi, Tauhid dan Djuanda menjadi integratif antara jiwa, pandangan, pikiran, perkataan, prilaku, dan sikap yang tidak boleh dilepaskan dimanapun Anda berada,” tegas Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H turut menyampaikan kabar bahagia. Salah satu dosen UNIDA yang juga sebagai Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berhasil meraih Guru Besar atau Profesor dalam Bidang Ilmu Peternakan. Surat Keputusan (SK) terkait dengan pengangkatan jabatan fungsional Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si telah ditandatangani oleh Mendikbudristek.

“Hari ini adalah hari Bahagia bagi kita, dimana saya ingin menyampaikan salah satu dosen Universitas Djuanda telah mendapatkan gelar Guru Besar Universitas Djuanda yang bertugas pada Fakultas Pertanian Program Studi Peternakan. Beliau adalah Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Ketua Senat Universitas Djuanda,” ungkapnya.

Terakhir Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H berpesan kepada para alumni untuk dapat menjaga diri sebagaimana yang Rasulullah SAW pesankan kepada ummatnya.

“Mari kita berpegang kepada dua perkara yang telah diwariskan kepada kita, yaitu Kitabullah dan Sunah Rasul-Nya. Jika kita hendak menggenggam dunia dan menggapai akhirat, serta memperoleh sukses di keduanya. Semoga kita istiqamah.  Selamat kepada para wisudawan dan keluarga, bagi kita semua selamat memasuki Bulan Suci Ramadhan, mohon maaf lahir dan bathin, semoga kita dapat melaksanakan ibadah dengan penuh kekhusu’an dan suka cita serta mencapai takwa,” pungkas Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.