Universitas Djuanda Bogor bekerjasama dengan Seameo Biotrop dan PT. Kibo Trading selenggarakan Program Praktik Kerja Lapangan ke Jepang di Gedung C Universitas Djuanda Bogor (15/8). Yang diikuti oleh mahasiswa dari dua fakultas yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Pangan Halal dan sosialisasi juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV dan Petinggi Universitas Djuanda Bogor lainnya serta perwakilan dari Seameo Biotrop yaitu Dr. Zulhamsyah Imran dan Dewi Suryani, SP., MM. dan perwakilan dari PT. Kibo Trading diwakili oleh Evy Novianti.

Program PKL ini sudah bukan kali pertama, tahun sebelumnya pun sudah ada mahasiswa UNIDA yang berangkat PKL ke Jepang. Dan pada tahun ini mudah-mudahan lebih baik dari tahun sebelumnya. Seperti yang disampaikan H. Himmatul Miftah, M.Si. selaku WR IV dalam sambutannya.

"Ini merupakan kegiatan yang bukan pertama kali, tapi sudah beberapa tahun sebelumnya sudah dilakukan. Dan semoga pada tahun ini menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya dan mahasiswa nanti yanh terpilih dapat cepat menyesuaikan dengan lingkungan di Jepang sehingga ilmu yang diperoleh lebih banyak dan bermanfaat bagi mahasiswa maupun Universitas," tuturnya.

Dengan PKL ke luar negeri khususnya ke Jepang bisa menjadi media peningkatan skill dan softskill dengan cepat. Dengan kegiatan ini juga mahasiswa dan Universitas harus bersinergi sehingga dengan PKL ke Jepang ini dapat menjadi media memajukan universitas dan negara. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Zulhamsyah Imran Selaku perwakilan dari Seameo Biotrop dalam sambutannya.

"Program ini dapat secara langsung meningkatkan skill dan softskill para mahasiswa yang terpilih nantinya. Dan dengan program ini juga dibutuhkan sinergitas antara mahasiswa yang terpilih dan universitas sehingga program ini bisa menjadi media dalam keikutsertaan mahasiswa dalam memanjukan universitas dan negera tentunya," tuturnya

PKL ke Jepang sangat membutuhkan kemampuan penyesuaian diri yang cepat dari mahasiswa yang terpilih nantinya karena di jepang budaya dan etos kerjanya sangat tinggi dan di Jepang pun mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang banyak dan tentunya sangat berbeda dengan Indonesia. Seperti yang disampaikan Evy Novianti selaku perwakilan dari PT. Kibo Trading dalam pemaparan materinya.

“Perlu kita ketahui jika terpilih nanti untuk PKL ke Jepang mahasiswa perlu menyesuaikan dengan budaya dan etos kerja yang tinggi di Jepang. Para mahasiswa yang nanti terpilih dituntut untuk lebih disiplin dan tepat waktu dan yang lebih penting bahwa nantinya mahasiswa akan mendapatkan ilmu pertanian di negara 4 musim dan tentunya sangat bermanfaat karena tidak bisa didapatkan di Indonesia yang hanya memiliki dua musim,” ungkapnya.