Pembukaan Ta'aruf 2019 dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda. Mengangkat tema "Dengan semangat pengenalan kehidupan kampus kita ciptakan pribadi yang kreatif, inovatif, disiplin" yang dilaksanakan dilapangan Universitas Djuanda (9/9).

Opening ceremony Taaruf Universitas Djuanda dibuka dan diresmikan langsung oleh Rektor UNIDA Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berlangsung secara tertib ini diikuti dan diikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari Mahasiswa Baru UNIDA.

 Dalam pembukaan PKKMB tahun ini sangat istimewa, karena bukan hanya peresmian dengan simbolis menerbangkan balon udara, mahasiswa baru disambut secara meriah oleh rektor dan jajarannya serta seluruh mahasiswa berprestasi termasuk Duta Kampus UNIDA (UNIDA Ambassador) serta duta pariwisata wilayah, dan duta genre yang seluruhnya berasal dari mahasiswa berprestasi UNIDA.

Acara utama dalam opening ceremony oleh Rektor yaitu pelepasan balon dan penyematan name tag kepada perwakilan peserta taaruf 2019, diakhiri dengan parade bersama ormawa dari tujuh fakultas menuju masjid Baitul Hamdi untuk mendapatkan materi.

Peserta taaruf mendapatkan materi pertama tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dalam perspektif kampus bertauhid oleh Dr. M. Martin Roestami, S.H., M.H disertai dengan pengenalan jajaran rektorat dan dekanat.

"Di sini anda belajar disiplin dan belajar memahami masyarakat. Kita merupakan bagian dari masyarakat, masa kampus berbeda dengan masa SMA. Anda harus dibiasakan untuk berdisiplin, tidak ada lagi paksa-paksa, yang ada hanya kesadaran" ujarnya untuk memotivasi peserta.

Dilanjutkan dengan materi kedua yang bertemakan The Fourth Industrial Revolution (4.IR) yang disampaikan oleh  Dr. Ir. H. Dede Kardaya M. Si. mengatakan

"4 hal terpenting yang harus dikuasai di era sekarang yakni berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dengan baik dan berkolaborasi" diakhir materi.

Tidak hanya mendapatkan materi dari tokoh ternama di Universitas Djuanda, para peserta turut terhibur dengan materi yang unik dari tokoh berpengaruh dalam komunikasi yang memberikan materi tentang hypno communication oleh Heppy Chandra yang mengundang decakkagum dan gelak tawa hingga haru dari para peserta taaruf.

Dalam sesi wawancara dengan seorang peserta Ta’Aruf 2019 yang bernama Ingati Harefa dari fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) menyatakan bahwa UNIDA Bogor sudah membuat dirinya terkesan dan mempunyai lingkungan yang baik dengan harapan membawa sukses baginya.

"Saya datang dari nias baru 3 bulan, dan kesan saya ketika masuk UNIDA ini cukup baik dan ramah" ujar Berkat salah satu peserta Taaruf yang berasal dari Nias. Harapan saya juga nantinya semoga menjadi orang yang sukses dan berguna bagi bangsa" lajutnya,” pungkas Ingati Harefa.

Kegiatan diakhiri dengan materi terakhir mengenai organisasi yang disampaikan oleh Hj. Rita Rahmawati Dra. M.Si yang mendapatkan respon yang baik peserta taaruf.

Acara hari ini ditutup pada pukul 17.00 WIB dengan pembubaran peserta secara tertib. *(lsp)