Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor tingkatkan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diselenggarakan di Ruang Sidang Senat Akademik, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 6 Kampus IPB Darmaga Kabupaten Bogor (10/5). MoU tersebut berisikan kerjasama mengenai Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bukan hanya Universitas Djuanda Bogor saja dengan IPB tapi MoU tersebut melibatkan juga Universitas Gunadarma, Universitas Sahid dan PT. Aquafarm Nusantara.

Dalam menghadapi volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity sangat penting untuk dilaksanakannya kerjasama atau kolaborasi karena dengan kerjasama atau kolaborasi bisa menghasilkan lebih daripada dilakukan oleh sendiri atau masing-masing dan dalam menghadapi perubahan yang sedang berlangsung bahkan akan terus berlangsung perlu diadakan kolaborasi atau kerjasama. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Arif Satria selaku Rektor Institut Pertanian Bogor dalam sambutannya.

“Dalam menghadapi volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity yang saat ini semakin menjadi kenyataan, maka perlu suatu wadah untuk menghadapinya yaitu dengan kerjasama atau kolaborasi karena dengan kerjasama atau kolaborasi bisa menghasilkan sesuatu yang lebih daripada yang dilakukan sendiri atau masing-masing. Dan untuk menghadapi perubahan yang sedang berlangsung bahkan akan terus berlangsung maka untuk mengadapi perubahan tersebut perlu diadakan kolaborasi” tuturnya.

Dalam era digital ini juga kolaborasi atau kerjasama itu menjadi sebuah keharusan karena dengan kolaborasi ini bisa saling belajar, jika kolaborasi dengan universitas yang levelnya diatas maka bisa melakukan pembelajaran dan yang levelnya diatas bisa memberikan pembinaan dan jika kolaborasi dengan universitas yang selevel maka bisa saling menguatkan. Seperti yang disampaikan Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. selaku Rektor Universitas Djuanda Bogor dalam sambutannya.

“Menjalin kerjasama atau kolaborasi itu menjadi sebuah keharusan dalam era digital pada saat ini. Karena dengan kolaborasi ini bisa saling belajar, jika berkolaborasi dengan universitas yang levelnya di atas maka bisa melakukan pembelajaran dan universitas yang levelnya di atas bisa memberikan pembinaan dan jika berkolaborasi dengan universitas yang selevel maka bisa saling menguatkan” tuturnya.

Di akhir acara dilakukan pula penandatanganan MoU antara Gunadarma dengan UNIDA serta Universitas Sahid dengan UNIDA.