Mahasiswa Prodi Sains Komunikasi  Fisipkom menggelar Webinar bertajuk “Be Confidence Through Public Speaking” pada Sabtu, 16 April 2022. Kegiatan yang mengundang narasumber internasional ini mendapat dukungan dan apresiasi dari Dr. Dessy Hasbiah, Sekretaris Program Studi Sains Komunikasi. Ibu Dessy menyampaikan, kegiatan Webinar ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa.

Webinar yang dihadiri 203 orang peserta ini mengundang tiga orang narasumber. Narasumber pertama adalah Oumayma Akaaboune, Vice President of the International Student Union 2021-present at Zhejiang University. Oumayma ini merupakan best delegate Model United Nations (MUN) 2021 dan outstanding delegate 2021. Ia juga terpilih sebagai Elected Best Student Member of Studient Unions, Zhejiang University tahun 2022. Pembicara kedua, Kalimata Okta merupakan brand ambassador produk kecantikan yang juga berprofesi sebagai MC dan moderator. Pembicara ketiga adalah Dr. Agustina M. Purnomo, dosen di Prodi Sains Komunikasi yang juga merupakan Pembina kegiatan.

Dr. Agustina sebagai narasumber pertama menyampaikan tantangan public speaking di masa depan. Dosen sekaligus Kabid Humas, Promosi dan Protokoler Universitas Djuanda ini menyampaikan komunikasi dan public speaking memiliki masa depan yang cerah. Pandemi Covid 19 dan perkembangan teknologi internet membuat public speaker perlu menyiapkan tiga hal, yaitu isi pembicaraan dan penyampaian yang bermutu, mengoptimalkan beragam media sebagai sarana yang mendukung dan beradaptasi dengan perubahan teknologi. Pembina kegiatan Webinar ini juga menyampaikan, kata kunci dari keberhasilan seorang public speaker di masa depan adalah, kreativitas, adaptasi, keunikan dan lebih baik jika lebih spesifik.

Narasumber kedua, Kalimaya Okta merupakan brand ambassador Emina dan Wardah. Kalimaya mengupas tuntas segala hal terkait dengan public speaking. Narasumber yang juga berprofesi sebagai MC dan moderator ini, menjelaskan pengertian, tujuan, poin-poin penting, unsur-unsur verbal dan non verbal dalam public speaking. Narasumber yang juga aktif sebagai Youtuber ini menyampaikan  hal penting dalam public speaking adalah penguasaan materi dan penguasaan khalayak. Penguasaan materi menyebabkan public speaker percaya diri dan sukses dalam menyampaikan materi. Penguasaan materi sederhananya dapat digambarkan dalam 4P, People, Place, Purpose dan Presenter. Materi yang baik akan semakin sukses didukung oleh penguasaan khalayak. Penguasaan khalayak dicapai dengan membuat suasana yang bersahabat dan membangun atensi peserta. Mahasiswa Universitas Sebelas Maret ini menyampaikan kesan pertama adalah hal yang penting. Usahakan untuk menarik perhatian khalayak dalam lima menit pertama.  Cara untuk menarik perhatian khalayak itu dengan cara berinteraksi dengan khalayak dan menghadapi khalayak yang mulai terlihat bosan. Terakhir, Kalimaya berpesan buatlah dan sampaikan materi dengan KISS, Keep it Short and Simple.

Narasumber kedua, Oumayma Akaaboune, merupakan Vice President of the International Student Union 2021-present at Zhejiang University. Mahasiswa universitas terbaik ke-12 di Asia ini menyampaikan penguasaan khalayak sangat penting dalam public speaking. Untuk dapat menguasai situasi penyampaian materi, public speaker perlu memiliki tiga hal, ide yang baik, teknik penyampaian dan kepercayaan diri. Kepercayaan diri dapat dicapai melalui pengenalan diri, menggali potensi yang dimiliki, meningkatkan kemampuan diri dari yang paling unggul sampai yang paling lemah. Memperbaiki kepercayaan diri tidak dapat hadir begitu saja, itu hadir dari kebiasaan sehari-hari, mengubah kebiasaan buruk menjadi baik dan membiasakan diri untuk menyampaikan ide. Jika belum bisa, Oumayma menyampaikan berpura-puralah bisa sampai menjadi betul betul bisa. Ia berpesan, diri kita adalah investasi. Investasi yang baik adalah dengan terus menambah ilmu dan menggali banyak pengalaman.

Sesi tanya jawab berlangsung antusias. Salah satu penanya menanyakan mengenai cara menghadapi kepanikan saat menjadi public speaker. Webinar ini diakhiri dengan closing statement dari Wakil Dekan Fisipkom Unida Bogor, Ibu Maria Fitriah, M.Si. Ia menyampaikan, mahasiswa harus terus semangat mencari dan menambah ilmu agar dapat menjadi public speaker yang baik.