Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan Webinar Pendidikan pada 13 Juli 2022 melalui ruang pertemuan daring. Mengusung tema Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Upaya Membangun Karakter Generasi Milenial yang Berkarakter, acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Kelompok 23 Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menghadirkan narasumber H.Mustholah Maufur, MA dan Resty Yektyastuti, M.Pd selaku dosen pembimbing lapang kelompok KKN 23.

Diungkapkan Ketua Pelaksana Tomi Chotamy tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu untuk pengenalan kuriukulum merdeka serta membangun genrasi milenial yang berkarakter, “Semoga acara ini dapat dipetik kemanfaatannya,” ungkapnya.

Acara dibuka oleh Dekan FAIPG Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I sekaligus membuka secara resmi acara webinar ini. Dalam sambutanya Dekan FAIPG dalam sambutannya mengatakan ini sebuah kesempatan yang luar biasa walaupun memang sebuah kegiatan tidak harus diselenggarakan secara offline karena kita sudah mengintegrasikan diri dalam digitalisasi sehingga secara fleksibilitas bisa dikuti.

“Selama ini dampak digitalisasi bisa kita rasakan manfaatnya, terutama bagi mahasiswa yang memberikan dampak sangat siginikan. Kegiatan MBKM sudah terintergrasi dan lebih berfokus pada kinerja mahasiswa,” ujar Dekan FAIPG.

 “Mahasiswa harus out of the box menggali dan mencari sendiri ilmu, kata tholabul imli, yang artinya menuntut ilmu  sejatinya ilmu tidak akan habis dan kita akan selalu kurang jika kita menjadi sorang pembelajar. Seorang pembelajar sejati tidak akan puas dengan ilmu yang dimiliki, maka mahasiawa diarahkan terjun langsung ke masyarakat bertemu dengan orang baru, menempatkan diri dan mengambil posisi sebagai kader perubahan atau agent of change. Bagaimana menempatkan diri dengan baik, menumbuhkan karakter kemandirian dan bertanggung jawab dan awarenesss, itu akan terbtnutk dengan sendirinya ketika kita menghadapi sesuatu,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi H. Mustholah Maufur, MA  yang menyampaikan materi tentang membangun karakter dalam perspektif tauhid. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Resty Yektyastuti, M.Pd tentang Pembentukan karakter generasi milenial. Dari hasil pemarapan menghasilkan diskusi yang menarik antar mahasiswa dan narasumber.