Dalam upaya meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Writing Center UNIDA (WCU) selenggarakan Program Pendampingan Akselerasi Publikasi (AKSI) terkait dengan Teknik Penyajian Data pada Manuskrip bagi para dosen di lingkungan UNIDA Bogor secara virtual melalui platform Zoom Cloud Meeting, Senin (20/9).

Kegiatan ini diisi langsung oleh Direktur WCU, Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D yang membahas khusus mengenai teknik penyajian data. Hal ini dikatakan menjadi sangat krusial dalam menulis sebuah artikel karya ilmiah, terlebih dalam manuskrip yang akan dipublikasikan dalam sebuah jurnal.

Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M.Eng., Ph.D dalam paparannya menuturkan, dalam prosesnya mengenai penyajian data baik itu berbentuk tabel, gambar hingga diagram perlu dipelajari untuk menggali pemahaman yang lebih luas. Diharapkan, adanya program pendampingan bagi para dosen ini dapat meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah dan secara umum dapat meningkatkan jumlah publikasi.

“Yang paling penting bahwa kalau setiap ada tabel, gambar, maupun diagram, ini yang harus bisa kita jelaskan sebagai peneliti. Harus diiringi dengan penjelasan dan argumennya, kemudian ada referensi yang dapat dipercaya. Poin-poin itu yang harus kita jeli, perlu diperhatikan, sehingga bisa menguatkan argumen kita di dalam penyajian data yang ingin kita sampaikan kepada audiens. Tentu sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah,” paparnya.