Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang mengusung tema "Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter dan Peduli Kepada Masyarakat" ini dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 28 hingga 29 Agustus 2021, tepatnya di Madrasah Diniyah Hidayatus Shibyan.

Ketua HIMA-AP FISIP UNIDA Bogor, Rasda Arfiyanti menuturkan, HIMA-AP mengabdi hadir sebagai bentuk langkah dari salah satu Tridarma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Hal ini penting dilakukan, mengingat peran mahasiswa sebagai agent of change diharapkan dapat memberi dampak nyata bagi masyarakat dengan apa yang dilaksanakan tersebut.

“Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada Bapak RT, RW, Kepala Desa, juga Kepala Madrasah yang sudah memberikan izin untuk kegiatan ini serta respon positif yang diberikan. Terima kasih banyak juga untuk seluruh panitia yang sudah mempersiapkan dari awal sampai akhir sehingga kegiatan ini berjalan sangat baik,” ungkapnya.

Rasda Arfiyanti menyebutkan, dalam prosesnya kegiatan pengabdian masyarakat di hari pertama dikemas dengan berbagi ilmu mengenai kenegaraan, pemahaman mengenai bahaya Covid-19 dan juga lain sebagainya. Kemudian pada hari kedua, diselenggarakan acara fun games dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Semangat yang tinggi dari anak-anak untuk belajar membuat suasana lebih hidup. Semoga kegiatan ini menjadi berkah untuk semuanya, bermanfaat dan sebagai silaturahmi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 kegiatan utama yang dilaksanakan, yaitu sebagai berikut:

1. Penggalangan Dana

Penggalangan dana diselenggarakan mulai dari tanggal 14-27 Agustus 2021. Dana yang terkumpul selama kurun waktu 14 hari mencapai sebesar Rp. 610.000. Tidak hanya uang tunai namun juga buku tulis yang berjumlah 5 pak, pulpen 2 pak, 23 buah Al-Quran, 20 buah juz Amma, 47 buah Iqra, 7 buah buku komik, 50 buah buku bacaan serta meja lipat kecil berjumlah 10 meja. Donasi yang telah terkumpul tersebut diberikan kepada anak-anak Madrasah Diniyah Hidayatus Shibyan yang berjumlah 90 siswa/siswi.

2. Sosialisasi Terkait Covid-19

Kegiatan sosialisasi dilakukan di ruang kelas sekolah Madrasah Diniyah Hidayatus Shibyan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sosialisasi yang diberikan yaitu terkait Covid-19 serta praktik cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut standar WHO. Tujuan Kegiatan sosialisasi ini diberikan untuk menyampaikan informasi tentang pencegahan penularan Covid-19 dan memberikan pengertian kepada anak-anak mengenai pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menutup hidung saat pilek, menutup mulut saat bersin dan batuk dengan menggunakan sapu tangan atau tisu.

3. Program Mengajar

Dalam program mengajar ini panitia memaparkan materi terkait sejarah kemerdekaan Republik Indonesia dan juga mengajarkan anak-anak lagu-lagu nasional. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme pada anak-anak.

4. Olahraga Bersama

Panitia dan anak-anak Madrasah Diniyah Hidayatus Shibyan melakukan olahraga bersama yang dimulai dari pukul 07.00-08.00 WIB. Olahraga yang dilakukan salah satunya yaitu senam pagi yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemi Covid-19 serta untuk melatih otot-otot pada tubuh.

5. Perlombaan

Perlombaan yang diselenggarakan yaitu sebanyak 4 perlombaan, diantaranya lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng, lomba balap karung, dan lomba oper tepung. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memeriahkan hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

6. Pembagian Donasi

Donasi yang telah terkumpul diberikan kepada siswa/siswi Madrasah Diniyah Hidayatus Shibyan yang berjumlah 90, adapun kegiatan donasi dilaksanakan dilapangan terbuka dekat sekolah.