Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia dan Universitas Djuanda Bogor selenggarakan Halalbihalal yang bertemakan “Perkuat Persaudaraan dan Kerjasama Sebarkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar dalam Iklim Kerja Bertauhid”. Acara tersebut dilaksanakan pada hari pertama kerja pasca libur Idul Fitri 1440 Hijriah (12/06) yang dilaksanakan di Masjid Baitul Hamdi Universitas Djuanfa Bogor dan diikuti oleh Insan Yayasayan PSPIAI meliputi TK Amaliah, SD Amaliah, SMP Amaliah, SMA Amaliah serta SMK Amaliah 1 & 2 dan Universitas Djuanda Bogor.

Halalbihalal merupakan agenda rutin dan budaya Unida tiap tahunnya, karena dengan halalbihalal ini dapat meningkatkan kebersamaan dan keberdamaan sangat penting untuk mencapai visi universitas djuanda bogor. Seperti yang disampaikan Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. selaku Rektor Universitas Djuanda Bogor dalam sambutannya.

"Halalbihalal merupakan agenda rutin dan budaya Yayasan PSPIAI dan Universitas Djuanda Bogor, dengan halalbihalal dapat meningkatkan kebersamaan di dalam lingkungan kerja karena dengan kebersamaan sangat penting untuk mencapai visi Universitas Djuanda Bogor" tuturnya.

Alasan diadakannya Halalbihalal ini juga dikarenakan telah melalui Ramadan yang menjadi diklat untuk meningkatkan ibadah dan diharapkan dengan Idul Fitri ini benar-bensr meraih kemenangan yang sebenarnya. Seperti yang disampaikan Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I, M.Pd.I. selaku Ketua Umum Yayasan PSPIAI dalam sambutannya.

"Acara Halalbihalal ini dilaksanakan karena kita telah meraih kemenangan dengan melalui Ramadhan yang menjadi diklat untuk meningkatkan ibadah dan diharapkan dengan Idul Fitri 1440 Hijriah ini, kita benar-benar meraih kemenangan yang sebenarnya" tuturnya.

Ramadan merupakan waktu melompat dari muhksinin menjadi Mutaqqin yang melakukan segala hal seakan-akan melihat Allah dan kalau tidak sanggup seakan melihat Allah, maka akan merasa senantiasa diperhatikan oleh Allah dalam segala hal. Seperti yang diutarakan Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. selaku Ketua Pembina selaligus Chancellor Universitas Djuanda Bogor dalam sambutannya.

"Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melompat dari tingkat muhksinin langsung ke tingkat Mutaqqin dan kita akan senantiasa melakukan segala hal seakan-akan melihat Allah dan ketika merasa tidak sanggup melihat Allah maka senantiasa diperhatikan oleh Allah dan semoga dengan Ramadhan kita bisa meraih itu" tuturnya.

Halalbihalal menjadi sarana memperkuat persaudaraan dan kerjasama seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad ketika pertama kali hijrah ke Madinah, dimana Nabi Muhammad mempersaudarakan Muslim Mekah dan Madinah sehingga memperkuat mulim dalam segala aspek kehidupan. Seperti materi ceramah yang disampaikan oleh H. Inayatullah A. Hasyim, LL.B., LL.M. selaku dosen Fakultas Hukum.

"Acara Halalbihalal ini dapat kita gunakan sebagai sarana memperkuat perdaudaraan dan kerjasama antar insan yayasan PSPIAI dan Universitas Djuanda Bogor sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad ketika hijrah ke Madinah dengan mempersaudarakan Muslim Mekah dan Madinah sehingga dapat memperkuat muslim saat itu dalam segala aspek kehidupan" tegasnya.