Profil Sentra KI UNIDA BOGOR

Profil Sentra KI UNIDA BOGOR

Blog Single

Sebagai universitas yang mempunyai visi menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia pada saat ini  Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) telah memiliki Sentra Kekayaan Intelektual Universitas Djuanda Bogor (Sentra KI UNIDA) yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 09 tahun 2018 pertangal 12 Maret 2018.

Sentra KI UNIDA bertugas melindungi dan mengelola kekayaan intelektual dari hasil penelitian dan/atau pengembangan hasil penelitian yang dilakukan oleh Insan Universitas Djuanda Bogor sehingga dapat diambil manfaatnya dan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam melakukan fungsi pembinaan dalam berbagai masalah yang berkaitan dengan Kekayaan Intelektual. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari Pancadharma Universitas Djuanda Bogor. Di masa mendatang Sentra KI UNIDA diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi antara inventor dengan pengguna, untuk memperkuat kerjasama yang saling menguntungkan.

Sentra KI UNIDA siap memberikan pelayanan kepada peneliti, dosen, dan mahasiswa Universitas Djuanda Bogor (Insan UNIDA) yang hendak mengurus Kekayaan Intelektual (KI) guna memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

  • Visi

“Menjadi Sentra Kekayaan Intelektual yang Profesional dan Bertauhid serta Diakui Dunia.”

 

  • Misi
  1. Mengelola Kekayaan Intelektual Universitas Djuanda Bogor untuk memberi kemanfaatan kepada peneliti dan Universitas Djuanda Bogor.
  2. Melakukan pelayanan pengurusan KI dan komersialisasi KI.
  3. Mengembangkan jaringan kemiteraan.

 

  • Tujuan
  1. Mempercepat pencapaian visi Universitas Djuanda Bogor menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhi dan diakui dunia melalui perolehan HKI.
  2. Meningkatkan kredibilitas dan citra universitas.
  3. Memberi layanan edukasi dan layanan pengurusan HKI kepada Insan UNIDA dan masyarakat.
  4. Menjadikan Sentra KI UNIDA sebagai sumber inspirasi riset kreatif yang bernilai komersial sebagai salah satu sumber pendapatan.

           

  • Tugas Sentra Ki Unida
  1. Melakukan Identifikasi potensi KI bagi Insan UNIDA.
  2. Mendaftarkan KI atas produk Insan UNIDA (hak Cipta, Paten, Merk, Indikasi Geografis, Desain industri dan rahasia dagang).
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi atas capaian HKI di lingkungan UNIDA
  4. Mengembangkan budaya sadar KI di lingkungan UNIDA dan masyarakat sekitar.
  5. Melaksanakan penjajakan mitra kerjasama pengembangan KI, negiosiasi lisensi KI, kontrak lisensi dan promosi produk KI.
  6. Advokasi  perlindungan KI.

 

  • Kontribusi Sentra Ki
  1. Akreditasi Perguruan Tinggi : Standar 7, Standar 1, Standar 2, Standar 6, Standar 4.
  2. Panca Dharma : Penelitian, Pendidikan, Pengajaran, Pkm dan Profesionalitas.
  3. Peringkat Perguruan Tinggi : SDM, Kelembagaan, Penelitian dan Publikasi.
  4. Kontribusi kinerja : Hibah Penelitian Dikti, Bantuan Penelitian Dosen, Pendanaan Penelitian dari luar Dikti, Kerjasama pengembangan usaha layanan KI.

SUMBER DAYA MANUSIA

Sebagai pusat pengelolaan hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi. Lembaga Sentra KI berada dibawah bimbingan wakil rector IV, dan dibantu oleh perwakilan setiap fakultas yang bertanggung jawab mengurus HKI di prodinya masing-masing. Tim Sentra KI bertugas melakukan monitoring dan evaluasi atas capaian HKI di lingkungan UNIDA dan mengarahkan untuk kemungkinan komersialisasi.

SUMBER PENDANAAN

            Sumber dana utama bagi pelaksanaan kinerja operasional di Sentra HKI-UNIDA berasal dari Universitas. Universitas Djuanda Bogor menetapkan sejumlah dana untuk pelaksanaan kegiatan operasional  rutin lembaga (Sentra HKI-UNIDA) setiap tahunnya. Sumber dana untuk kegiatan-kegiatan lain yang bersifat insidental di Sentra HKI UNIDA di danai melalui pengajuan anggaran ke Universitas. Sumber dana ekternal berasal dari beberapa kegiatan kerjasama dan fee pelayanan jasa HKI kepada civitas akademika. Disamping dana operasional yang rutin, sumber dana internal dari Universitas yang memfasilitasi dana program setiap tahun, untuk mengembangkan kelembagaan, pengembagan SDM dan kerjasama.

FASILTAS PENDUKUNG

            Fasilitas kantor Sentra KI Universitas Djuanda Bogor meliputi Ruangan kantor yang dilengkapi sistem informasi, serta peralatan pendukung kinerja operasional.

JENIS PELAYANAN

  1. Permohonan Pendaftaran HKI (Paten, Hak Cipta, Merek, Disain Industri, Disain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Dan Perlindungan Varietas Tanaman)
  2. Pendampingan Penulisan Drafting Paten Dan Drafting Perlindungan Varietas Tanaman.
  3. Sosialisasi HKI (Internal Dan Ekternal Perguruan Tinggi)
  4. Konsultasi Problema HKI
  5. Perlindungan Hukum HKI
  6. Produk Paten Dan Hak Cipta
  7. Produk Teknologi Tepat Guna

Related Posts: