Bimbingan Teknis IAPS 4.0 LLDIKTI Wilayah IV

Bimbingan Teknis IAPS 4.0 LLDIKTI Wilayah IV

Blog Single

Pada tanggal 13-14 Mei 2019 telah diadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Universitas Djuanda Bogor menjadi salah satu peserta dari 200 Perguruan Tinggi Swasta yang diundang di wilayah LL-DIKTI IV untuk mengikuti acara ini. Universitas Djuanda mengutus Kepala Bidang Sistem Penjaminan Mutu Eksternal Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Djuanda yaitu M. Komarudin, SE.Sy., MA untuk mengikuti kegiatan ini.

Adapun Narasumber berasal dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV dan asesor BAN-PT diantaranya, Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd, Suparto, M.Ed., Ph.D., Saepudin Nirwan, S.Kom., M.Kom., Dr. Pupung Purnamasari, S.E., M.Si., Ak., CA., dan Dr. Anton F. Susanto.

Dalam acara ini narasumber mensosialisasikan instrumen akreditasi program studi yang baru yaitu IAPS 4.0. Berbeda dengan instrumen sebelumnya, dimana terdapat buku 3A yang harus diisi oleh prodi, buku 3B yang diisi oleh fakultas serta evaluasi diri prodi. Pada instrumen IAPS yang baru ini ada 2 laporan yang harus diisi yaitu: Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Narasumber juga menjelaskan secara teknis pengisian LKPS dan LED.

Bimbingan teknis penyusunan instrumen akreditasi program studi ini sangat bermanfaat bagi Universitas Djuanda karena kedepannya seluruh program studi akan melaksanakan akreditasi dengan menggunakan instrumen program studi terbaru ini. Bimbingan teknis ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman prodi dalam mengisi instrumen akreditasi program studi.

Related Posts: