Tingkatkan Penjaminan Mutu, BPMPI UNIDA Selenggarakan Roadshow ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Tingkatkan Penjaminan Mutu, BPMPI UNIDA Selenggarakan Roadshow ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Blog Single

Badan Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi (BPMPI) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Roadhsow ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dalam rangka peningkatan penjaminan mutu dengan menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Universitas Djuanda (SIPEMUDA) pada 18/10/2023 .

Roadshow ini dihadiri oleh Kepala BPMPI (Dr. Irman Suherman, M.Pd), Kepala Bidang SPMI. (Teguh Prasetyo, M.Pd), Dekan FISIP (dra. Ginung Pratidina, M.Si) Para Wakil Dekan dan Ka. Prodi di lingkungan FISIP UNIDA.

Dalam sambutannya Kepala BPMPI Dr. Irman Suherman, M. Pd menyampaikan bahwa Audit Mutu Internal (AMI) tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena akan menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Universitas Djuanda (SIPEMUDA).

Tujuan dari roadshow ini yaitu agar Dekanat dan Ka. Prodi disetiap Fakultas mengetahui standar mutu Universitas Djuanda dan memberikan pemahaman akan pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Penetapan (PPEPP) melalui laman SIPEMUDA.

Selanjutnya, Pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Bidang SPMI Teguh Prasetyo, M.Pd bahwa siklus SPMI terdiri dari Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) lalu dalam penetapan dokumen SPMI terdiri dari empat dokumen yaitu Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI dan Formulir SPMI. Adapun dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh setiap unit kerja, untuk evaluasi SPMI dilakukan melalui Audit Mutu Internal (AMI), Monev Kinerja Akademik dan Non Akademik. Pada tahap Pengendalian di SPMI dilakukan melalui Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan pada tahap Peningkatan SPMI dilakukan melalui perbaikan dan peningkatan SPMI.

“SIPEMUDA yang nantinya akan dipergunakan sebagai media pelaksanaan AMI di tingkat universitas. Rancangan SIPEMUDA ke depan akan memudahkan pendokumentasian SPMI dan memonitoring siklus SPMI yang berjalan sehingga mampu memberikan kemudahan dalam pelaksanaan penjaminan mutu menuju akreditasi program studi dan Institusi unggul,” ungkapnya.

Diakhir pemaparan Kepala Bidang SPMI Teguh Prasetyo, M.Pd. memberikan harapannya pada kegiatan tersebut, semoga dengan adanya SIPEMUDA dapat memberikan manfaat bagi keberlangsungan penjaminan mutu dan mampu menjadikan UNIDA Unggul.

Related Posts: