iro Kerja Sama (BKS) Universitas Djuanda (UNIDA) bekerja sama dengan Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA selenggarakan Pembekalan TOEFL Preparation Course bagi Mahasiswa tingkat akhir di FAIPG, pada Jumat, 13 Januari 2023 secara daring melalui platform Zoom Cloud Meetings dan Live Streaming YouTube.

Sebanyak 216 mahasiswa dari program studi Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab,Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah FAIPG ikut serta dalam kegiatan pembekalan ini.

Mega Febriani Sya, M.Pd selaku Kepala Biro BKS UNIDA menuturkan, kegiatan TOEFL Preparation Course ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan tes TOEFL yang akan menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa.

“Tes TOEFL ini menjadi salah satu  tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Bahasa Inggris, hal ini juga menjadi salah satu syarat kelulusan. Ketidaktahuan mahasiswa terhadap tes ini menjadi problematika tersendiri. Oleh karena itu, biro kerja sama memfasilitasi pelaksanaan TOEFL Preparation and Prediction untuk melatih mahasiswa agar mampu memahami dan menerapkan general strategies dalam mengerjakan Listening TOEFL Test, Reading Comprehension test, dan Structure & Written Expression TOEFL Test, serta mampu menerapkan pengetahuan dan pemahaman TOEFL skills untuk memperoleh score maksimal,” tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, dengan rincian yakni pada Pukul 13.30 - 14.30 WIB dilakukan Listening Section. Kemudian pukul 14.30 - 15.30 WIB, Structure Section, lalu pada pukul 15.30 - 16.30 WIB, Reading Section.