Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuansa (UNIDA) Bogor selenggarakan Lokakarya dan Penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2022 yang bertemakan "Peningkatan Daya Saing Desa Melalui Penerapan Pendidikan Karakter Tauhid dan Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Syariah" secara luring di Lapangan Utama UNIDA Bogor pada Senin, 15 Agustus 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH beserta jajaran, Dekan FAIPG UNIDA Bogor, Dr. (cand) Zahra Khusnul Latifah, M.Pd beserta jajaran dan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Dr. Rini Kusumawati, SP., MM beserta jajaran.

Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH. Dalam paparan sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Bogor karena sudah mampu dan berhasil menjadi duta UNIDA Bogor dalam KKN di desa masing-masing. Diharapkan segala aktivitas di desa dapat dijalankan dengan baik dan tentunya berkelanjutan.

“Kinerja KKN FAIPG UNIDA Bogor saat ini sudah dapat dikatakan berhasil mencapai tujuannya. Tentu ada hambatan dalam pelaksanaannya akan tetapi mahasiswa mampu melewatinya dengan keuletan dan keramahan. Semoga kegiatan-kegiatan selama KKN dapat bermanfaat untuk masyarakat desa di tempat KKN masing-masing. Dan Selamat datang kembali di UNIDA Bogor semoga dengan KKN mahasiswa paham kondisi sebenernya di masyarakat yang harus dibenahi bersama,” tutur Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH.

Selanjutnya Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Dr. Rini Kusumawati, SP., MM.dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya ini merupakan penyerahan kembali mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Bogor karena telah melaksanakan KKN. Diharapkan inovasi dalam KKN ini tetap berlanjut jangan sampai kegiatan atau inovasi itu berhenti dan tolong tetap dipantau serta tetap menjaga komunikasi dengan desa tempat KKN mahasiswa sehingga inovasi selalu bermanfaat dan berkelanjutan.

“Terima kasih kepada seluruh peserta KKN FAIPG UNIDA Bogor karena sudah melaksanakan KKN dengan sangat baik. Diharakan juga semua output dari KKN dikumpulkan di fakultas sehingga fakultas dapat mengumpulkan di kami. Semoga setelah ini mahasiswa akan terus berinovasi karena nantinya inovasi tersebut akan dilombakan kembali antar perguruan tinggi di tingkat Kabupaten,” ungkap Dr. Rini Kusumawati, SP., MM.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FAIPG UNIDA Bogor, Dr. (cand) Zahra Khusnul Latifah, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya suasana KKN pada tahun ini sedikit berbeda ada 5 prodi yang terlibat dalam kegiatan ini dari sebelumnya hanya 3 prodi dan saat ini FAIPG sudah memiliki 5 prodi diantaranya yaitu prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ekonomi Syariah (ESI) dan Perbankan Syariah (PBS).

“KKN kali ini diikuti oleh 238 mahasiswa yang tersebar di 3 Kecamatan dan 26 desa di Kabupaten Bogor dan diharapkan KKN kali ini dapat berkontribusi yang lebih berdampak kepada peningkata masyarakat. Dari serangkaian kegiatan KKN yang sudah dilaksanakan selama 1 bulan ini sudah menghasilkan kurang lebih 58 luaran, 108 artikel yang dapat dipubliksasikan, 27 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan ada juga 27 video dokumenter yang sudah dipublikasikan serta sudah banyak menghasilkan produk inovasi yang hari ini akan dipamerkan juga dalam lokakarya dan penutupan KKN 2022. Kegiatan lokakarya dan penutupan ini bukan akhir akan tetapi merupakan awal untuk perubahan ke arah yang lebih baik di masyarakat. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh peserta KKN Tahun 2022 karena telah memberikan pengabdian terbaik,” tutur Dr. (cand) Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.

Kegiatan dilanjutkan dengan penilaian booth inovasi peserta KKN FAIPG UNIDA Bogor.