Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) menyelenggarakan kegiatan kajian keagamaan . Kegiatan tersebut Bertema “ Menjaga Konsistensi Ibadah Setelah Bulan Ramdhan”. (23/03/2024). 

Kegiatan ini berlangsung secara online melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 23 Maret 2024, pukul 13.00 WIB s/d 14.4500 WIB. Acara ini dihadiri oleh dosen dan Mahasiswa dari Prodi PGSD. Tujuan diselenggarakannya kajian kegamaan ini, merupakan program ketauhidan dari Prodi PGSD itu sendiri, dengan diadakannya kajian keagamaan ini, yakni untuk mengetahui bagaiaman caranya agar  menjaga konsistensi ibadah kita setelah ramadhan. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi PGSD Universitas Djuanda yakni Ibu Dr. Helmia Tasti Adri, M.Pd.Si. beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara panitia yakni mahasiswa PGSD yang tergabung dalam Hima PGSD dan Dosen PGSD.

Materi kajian yang telah disampaikan oleh Ibu Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menjelaskan bahwa diwajibkannya kepada mereka yang beriman dan tidak beriman untuk berpuasa agar kamu bertakwa, karena puasa itu gerbang untuk kamu lebih bertakwa. Janji-janji Allah Swt untuk orang-orang yang berpuasa itu termasuk khisabah untuk bergembira dan untuk berharap, apanila kita tida berharap dan bergembira maka, iman kita maih kurang. Apabila kita bergembira, mengarep dan ikhlas maka iman kita sudah tinggi sehingga, bisa istiqomah dalam menjalankan perintah Allah Swt saat bulan ramadhan ini dengan ikhlas. Lalu, bagaimana dalam menjaga konsistensi ibadah dibulan ramadhan dan setelah ramadhan? dalam menjaga konsistensi ibadah yakni dilakukan oleh iman yang kuat dan ikhlas sehingga kita dapat konsisten dalam beribadah, tidak hanya saat ramadhan saja tapi setelah ramadhan. Ramadhan ini merupakan sarana yaitu pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan ibadah ketika iman kita sudah baik dan kuat sehingga kita bisa istiqomah untuk menjalankan ibadah atau perintah Allah baik dibukan ramadhan maupun setelah bulan ramadhan. Selain menjaga konsistensi ibadah dengan iman, yaitu dengan memilih teman dan lingkungan yang baik. Dalam menjaga konsistensi ibadah kita harus padai dalam memilih teman yang sholih/sholihah. Sebab, akan senantiasa dalam menuju jalan yang baik dan selalu mengajak pada hal yang baik. Maka sebaliknya, apabila kita tidak memiliki teman yang sholih/sholilah maka mereka akan senantiasa untuk mengajak dan melakukan pada hal-hal yang tidak. Selain itu, lingkungan rumah yang baik dapat menjaga konsistensi ibadah, apabila tetangga kita baik akan membawa pada kebaikan dan memberikan support untuk istiqomah dalam beribadah. 

Semoga semangat dan istiqomah ramadhan kita tidak hanya pada bulan suci ini. Akan tetapi, pada bulan-bulan lainnya juga, saling menguatkan baik dosen dan mahasiswanya untu senantiasa menjaga keimanan dan ketauhidan sehingga kita bisa selalu istiqomah dijalan Allah Swt. Itulah materi kajian yang disampaikan oleh Ibu Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.pd.

Acara ini berlangsung selama 1 jam 45 menit yang di awali dengan pembacaan do’a oleh Saripudin dari Mahasiswa PGSD, sambutan dari Ketua Prodi PGSD oleh Ibu Dr. Helmia Tasti Adri, M.Pd, Si, kemudian di lanjut pada sesi materi yang dipandu oleh moderator Bapak Muhammad Ichsan, M.pd dan pemateri oleh Ibu Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I,  Setelah penyampaian materi selesai, dilanjut dengan sesi diskusi atau tanya jawab, dilanjut dengan penyerah sertifikat kepada pemateri dan terakhir yaitu sesi dokumentasi dan penutupan do’a. Feedback yang di dapatkan dari acara kajian keagamaan yaitu: Memotivasi mahasiswa, Menambah ilmu pengetahuan agama, Peserta dapat menerapkan ilmu tersebut dengan baik