" Pembuatan Kripik Kangkung Dan Kripik Terong Untuk Meningkatkan Nilai Jual "

09 Agustus 2022, kelompok Wanita Tani (KWT), Desa Caringin.

 Ita Novita Ir, MS

Praktek ini dilakukan dikarnakan nilai jual pada sayuran kangkung dan terong yang murah dipasar, sehingga perlu dilakukan sebuah inovasi yang dapat meningkatkan nilai jual dan cita rasa dari dua sayuran tersebut. Sehingga dapat menjangkau semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa.

meningkatkan nilai jual dari sayuran kangkong dan sayuran terong melalui pengolahan berupa kripik.

  1. sambutan oleh dosen pembimbing lapangan yaitu ibu Ita Novita Ir, MS
  2. penyuluhan oleh mahasiswa yang dilanjutkan demonstrasi di saung kelompok Wanita tani (KWT) mengenai cara pembuatan kripik terong dan kangkung dengan cara menyiapkan alat dan bahan untuk adonan serta bahan pokoknya yang berupa sayuran kangkung dan terong.

Pak RW 03, Supiyan, menyambut baik kegiatan KKN Unida terutama mengenai inovasi kripik kangkung dan terong yang bertujuan meningkatkan nilai jual dari kangkong dan terong, mengingat harga jual sayuran kangkong dan terong dipasar yang sangat murah, sehingga petani merasa kurang mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Narasumber Ita Novita Ir, MS, Bogor, dosen pembimbing lapangan :

pentingnya dilakukan sebuah inovasi dalam bisnis, agar dapat menciptakan suatu produk yang dapat bersaing dengan produk lain. Tentunya kita harus memanfaatkan potensi yang ada di desa. Dari mahasiswa peserta KKN memiliki Inovasi berupa sautu produk yang berbahan dasar kangkung dan terong dari kedua bahan tersebut dapat diolah menjadi kripik. Diharapkan dari inovasi mahasiswa dengan pembuatan kripik kangkung dan terong ini dapat meningkatkan nilai jual dari kedua sayuran tersebut.

1). Peserta : Bapak Sanjaya dan Ibu Mulyasih selaku ketua Rt 02 dan anggota kelompok Wanita tani (KWT) menyatakan bahwa beliau merasa sangat terbantu oleh adanya penyuluhan ini, selama ini hasil panen sayuran kangkung dan terong selalu mendapatkan keuntungan yang kurang maksimal serta hanya dijual ke pengepul saja. Semoga dengan penyuluhan ini hasil dari perkebunan kelompok Wanita tani (KWT) dapat bersaing dan mendapatkan hasil yang maksimal.

2). Ketua pelaksana : Endi Rismawan, S. Sos, Bapak Kecamatan, inovasi dari mahasiswa KKN sangat bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan ekonomi di desa Caringin, Kecamatan Caringin

Semoga dari penyuluhan yang kami selenggarakan dapat berkelanjutan sehingga menjadi ciri khas dari desa Caringin.