Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) mengundang kembali Tim Badan Pengembangan Keilmuan (BPK) UNIDA untuk memberikan pelatihan menulis artikel ilmiah untuk para dosen FH pada (04/08) yang bertempat di Aula Alumni Fakultas Hukum UNIDA.

Dalam kesempatan kali ini BPK UNIDA langsung menerjunkan Dr. Rasmitadila, M.Pd. selaku Kepala BPK UNIDA untuk memberikan pembahasan mengenai artikel yang telah para dosen FH buat. Selain Kepala BPK, turut hadir juga Kepala Bidang Writing Center Aminullah, S.TP., M.Si, Dekan FH Dr. Nurwati, S.H. M.H. beserta para Wakil Dekan dan para Dosen FH UNIDA.

Dalam pertemuan ini, Dr. Rasmitadila, M.Pd lebih banyak membahas abstrak yang wajib memiliki gap, tujuan, metode, dan analisis data. Analisis data wajib dilakukan pada sebuah penelitian literasi wawancara dan observasi.

“Kegiatan ini harus terus dilakukan secara konsisten. Bagaimana menulis artikel yang baik dan mengirimkannya pada jurnal yang baik pula khususnya jurnal internasional bereputasi. BPK akan selalu memfasilitasi kegiatan penulisan artikel yang salah satunya adalah dengan adanya cafe literasi di ruang BPK. Hal ini guna menumbuhkan rasa nyaman dalam menulis dan sharing ilmu,” ungkap Dr. Rasmitadila, M.Pd.

Sementara itu, Dekan FH UNIDA Dr. Nurwati, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel di jurnal internasional bereputasi, baik itu terindeks WoS maupun Scopus.

“Semakin banyak artikel dosen yang telah terbit di jurnal internasional bereputasi tersebut, maka akan semakin tinggi tingkat reputasi individu dosen, juga meningkatkan reputasi internasional Fakultas Hukum dan Lembaga. Disamping itu, juga mempermudah dosen dalam mencapai gelar akademik tertinggi yaitu Profesor,” tuturnya.

Dr. Nurwati, S.H., M.H. menambahkan, semangat menulis artikel dosen di Program Studi Hukum semakin meningkat, ini ditandai dengan artikel dosen yang telah dikirimkan kepada BPK untuk dilakukan review.

“Harapannya nanti ada beberapa artikel tersebut untuk diterima dan dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Dalam hal ini tentunya Dekanat memberikan target kepada dosen, dan selalu melakukan controlling. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, tidak hanya berhenti sampai disini, karena publikasi artikel tentunya akan sangat bermanfaat sekali untuk dosen yang sedang mengurus kepangkatan dan untuk mencapai target Prodi menuju akreditasi unggul,” pungkasnya.