Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan pelatihan Public Speaking : Be Smart and Confident Public Speaker yang diselenggarakan di Aula Alumni FH UNIDA pada Sabtu, 24 Desember 2022. Kegiatan tersebut diisi oleh Dosen FISIPKOM UNIDA, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P dan diikuti oleh mahasiswa FH UNIDA.

Wakil Rektor II FH UNIDA, Djuniarsono, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka persiapan PMB dan kedepannya akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai materi-materi yang terkait dengan public speaking apalagi untuk mahasiswa yang ingin mengambil speasialis lawyer karena banyak profesi dalam ilmu hukum yang memerlukan keahlian public speaking. Pelatihan ini perlu dilakukan karena tidak semua orang bisa, bagaimana menyampaikan dan menyajikan informasi itu belum tentu semua bisa akan tetapi itu dapat dilakukan dengan pelatihan khusus seperti pelatihan yang saat ini dilaksanakan.

"Dengan komunikasi yang baik maka akan membuat orang mau dan berminat dengan apa yang kita sampaikan dan FH UNIDA mengundang narasumber yang ahli dalam public speaking pada kesempatan kali ini. Kedepannya peserta kegiatan ini akan dilibatkan dengan program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Semoga materi pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai public speaking," tutur R. Djuniarsono, S.H., M.H.

Selanjutnya Dosen FISIPKOM UNIDA, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P selaku narasumber dalam materinya menyampaikan bahwa pengertian dari public speaking dalam Himpunan Istilah Komunikasi yaitu sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu. Tujuan kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman mengani public speaking, meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk dapat melakukan public speaking secara efektif. Beberapa alasan mengapa harus menguasai public speaking karena banyak orang sukses berawal dari good speaker, tuntutan zaman dan teknologi, tuntutan profesi dimana saat ini banyak profesi yang memerlukan kemampuan public speaking termasuk profesi hukum dan persaingan juga menjadi alasan mengapa harus menguasai public speaking.

“Ada pun tips dan triknya diantaranya dalam pembukaan agar membuka public speaking yang baik dan menarik dapat dilakukan dengan membuka dengan pertanyaan, membuka dengan memberikan data atau fakta dan membuka dengan memberikan kutipan. Sedangkan dalam pembahasan hal yang harus diperhatikan adalah diri sendiri, audiens dan subjek pembahasan. Dalam penutup, public speaker dapat menutup dengan merangkum pesan utama, menggunakan kutipan, ajakan untuk bertindak dan menyampaikan pernyataan inspiratif,” ungkap Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik public speaking dan sesi diskusi antara narasumber dan peserta.