Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Forum Groud Disscussion (FGD) Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di hari kedua kegiatan Workshop dan FGD Penyusunan RPS Mata Kuliah Program Studi Hukum secara hybrid yaitu secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings dan secara luring di Aula Alumni FH UNIDA Bogor pada Selasa, 9 Agustus 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH dan Wakil Dekan II sekaligus Ketua Tim Task Force Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) FH UNIDA Bogor, Dr. Ani Yumarni, S.H.I., MH serta diikuti oleh dosen FH UNIDA Bogor. Kegiatan tersebut dipandu oleh Tim fasilitator penyusunan RPS yaitu Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd, Dr. La Ode Amril, M.Pd, Dr. Helmia Tasti Adri, M.Pd.Si dan Dr. Irman Suherman, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH dalam paparan sambutannya menyatakan bahwa tujuan diadakannya pemutakhiran RPS ini agar dosen dapat membuat RPS sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang sudah ditentukan oleh Kemendikbudristek. Diharapkan dengan pemutakhiran data ini dosen dapat meningkatkan mutu RPS dan dengan pemutakhiran hari ini dosen dapat memahami RPS dengan format yang benar.

Selanjutnya Wakil Dekan II sekaligus Ketua Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor, Dr. Ani Yumarni, S.H.I., MH dalam paparan sambutannya menyampaikan bahwasanya kegiatan Workshop dan FGD Penyusunan RPS hari kedua ini beragendakan pemutakhiran RPS untuk kurikulum FH UNIDA Bogor semester ganjil dan saat ini RPS direview oleh fasilitator dengan harapan dosen dapat memiliki RPS yang sama baik dalam segi format dan dengan CPL dan CPMK yang mengacu pada kurikulum 2022/2026.

“Manfaat kegiatan ini menjadikan dosen terbiasa dan terlatih sehingga mahir dalam memperbaharui RPS mata kuliah setiap semester. Harapan akhirnya bahwa dosen sudah mengetahui tanggung jawab dosen di tiap awal semester adalah memperbaharui RPS,” ungkap Dr. Ani Yumarni, S.H.I., MH.

Tim Fasilitator, Dr. La Ode Amril, M.Pd dalam sesi wawancara menyatakan bahwasanya tujuan dari penyusunan RPS yang yaitu diharapkan dosen-dosen FH UNIDA Bogor mampu merancang pembelajaran dan menyusun rencana pembelajaran semester sesuai dengan SN Dikti dan ketentuan yang berlaku di UNIDA Bogor.

“Selain itu diharapkan dosen mampu menyusun RPS sesuai dengan CPL yang ada di program studi, mampu menjabarkan CPL pada mata kuliah di program studi, melakukan analisis pembelajaran, melakukan atau menyusun bentuk dan metode pembelajaran serta menyusun RPS mata kuliah lalu yang terakhir dosen mampu menyusun rencana tugas mahasiswa sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dirancang dan dikembangkan,” tutur Dr. La Ode Amril, M.Pd.