Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Sosialisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bina Desa yang diadakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings (10/7). Sosialisasi ini diisi oleh Wakil Dekan II dan Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH, Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH, Ketua PIC KKN PKKM FH UNIDA Bogor, Mulyadi, SH., MH. Dan dihadiri oleh Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. Beserta jajaran serta diikuti oleh mahasiswa FH UNIDA Bogor yang akan diikutsertakan dalam kegiatan KKN ini.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. Dalam sambutannya menyatakan bahwa mari sukseskan program KKN ini sehingga dapat dirasakan manfaatnya baik oleh UNIDA Bogor dan FH UNIDA Bogor maupun dapat dirasakan oleh masyarakat luas khususnya masyarakat di desa tempat KKN nanti, dan program KKN ini merupakan bagian dari 11 program PKKM yang ditawarkan oleh UNIDA Bogor.

“Terima kasih kepada semua pihak karena atas kerjasama dan doanya FH UNIDA Bogor mendapatkan amanah dan rezeki untuk melaksanakan PKKM yang dicanangkan oleh pemerintah dan PKKM ini banyak kegiatannya yang menyangkut Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang salah satunya yaitu KKN dimana mahasiswa dapat mengabdi dan terjun langsung ke masyarakat dan mari kita sisipkan di setiap doa agar pandemi COVID-19 di dunia segera berakhir khususnya di Indonesia agar kita dapat menjalankan kegiatan dan aktivitas seperti sedia kala dan tidak terhambat pandemi,” ungkap Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Ketua Tim Task Force PKKM FH UNIDA Bogor sekaligus Wakil Dekan II FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH. Dalam sambutannya menyatakan kegiatan KKN ini merupakan bagian dari 11 program yang ada di Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) FH UNIDA Bogor dan mari saling dukung antara mahasiswa dan FH UNIDA Bogor sehingga program KKN ini sukses dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan sosialisasi ini untuk menginformasikan kegiatan Program KKN yang termasuk dalam program PKKM yang ditawarkan oleh UNIDA Bogor dan program KKN ini dilaksanakan setelah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat yang di berlakukan oleh pemerintah untuk menahan laju penyebaran COVID-19 yang naik kembali dan nantinya jika PPKM darurat ini selesai baru FH UNIDA Bogor akan melaksanakan KKN ini dan KKN ini juga dikarenakan masuk dalam PKKM maka kegiatannya dibantu oleh pemerintah khususnya dalam subsidi biaya untuk keperluan selama KKN berlangsung,”ungkap Ani Yumarni, S.H.I., MH.

Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH. Dalam pemaparan sosialisasinya menyatakan bahwa ada pun kegiatan dalam Kampus Merdeka yang dapat dilakukan di luar universitas asal diantaranya magang, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, proyek independen dan proyek kemanusiaan yang tentunya kegiatan KKN pun masuk di dalamnya yang dimana KKN ini bisa dikonversikan kepada SKS mahasiswa sehingga mahasiswa yang mengikuti magang tidak perlu terbebani oleh SKS. Kampus Merdeka yang di dalamnya KKN juga bertujuan agar mahasiswa dapat lebih menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang saat ini dangat pesat dan agar mahasiswa menjadi terbiasa dengan lingkungan masyarakat dan dapat memberikan dampak positif dan manfaat dari ilmu yang telah di dapat di perguruan tinggi.

“KKN ini termasuk kegiatan yang dilaksanakan dalam PKKM FH UNIDA Bogor dan untuk saat ini merupakan KKN pertama yang nantinya setiap tahun akan ada KKN yang dimana mahasiswa terjun langsung ke masyarakat dengan program-program yang kreatif dan inovatif tentunya sesuai peraturan baik program-program yang menyangkut ilmu hukum bahkan sampai ke program kewirausahaan yang dimana dapat diterapkan dan dilaksanakan di masyarakat dan tentunya memberikan banyak manfaat kepada UNIDA Bogor, FH UNIDA Bogor dan masyarakat secara luas. KKN ini tentunya ditukarkan dengan SKS sesuai peraturan yang berlaku sehingga KKN ini selain dapat memberikan pengalaman yang baik pada mahasiswa akan tetapi mahasiswa pun mendapatkan nilai layaknya kuliah di kelas sehingga sangat menguntungkan mahasiswa dengan mengikuti KKN ini,” tutur Dr. Nurwati, SH., MH.

Wakil Dekan III dan PIC KKN FH UNIDA Bogor, Mulyadi, SH., MH. Menyatakan dalam pemaparan materinya bahwa kegiatan nantinya akan dilaksanakan di dua tempat dan rencana pemberangkatan pada tanggal 21 Juli 2021 dengan catatan bahwa PPKM Darurat yang saat ini sedang berlaku itu tidak diperpanjang dan jika nantinya PPKM diperpanjang maka pemberangkatan akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di masyarakat.

“Kegaian KKN ini diharapkan dapat diikuti oleh setiap mahasiswa dikarenakan ini akan terkait dengan konversi SKS dan antara mahasiswa reguler dan kelas sore harus saling bekerjasama untuk membuat dan menjalankan program-program yang manfaat di masyarakat tentunya. Mari kita berdoa agar pandemi segera mereda sehingga kita dapat menjalankan KKN ini sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,” tutur Mulyadi, SH., MH.