Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si resmi melantik Dr. Nurwati, SH., MH. sebagai Wakil Dekan I Fakultas Hukum (FH) UNIDA Bogor beserta dengan 19 pejabat struktural lainnya di lingkungan UNIDA Bogor pada Selasa (26/1) di Aula Gedung C, Kampus UNIDA Bogor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir memberikan sambutan, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menuturkan, pada sebuah organisasi kegiatan pergantian kepemimpinan dan ataupun perpindahan kepemimpinan merupakan hal yang biasa. Perubahan tersebut tentunya diharapkan untuk kemajuan organisasi ke arah yang lebih baik. Terlebih, UNIDA Bogor baru saja kehilangan sosok Wakil Rektor I, yaitu Alm. Dr. Ir. Elis Dihansih, M.Si yang meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

“Pada siang hari ini kita bersama-sama menyaksikan pelantikan pejabat struktural, untuk sebuah organisasi perpindahan, pergantian, mutasi jabatan itu adalah hal yang biasa. Tentunya semuanya dimaksudkan untuk kemajuan organisasi ke arah yang lebih baik. Selain ini menjadi rencana pimpinan, kita juga baru saja kehilangan Wakil Rektor I kita yang memang sangat tidak diduga dipanggil terlebih dahulu oleh Allah SWT. Mari kita berdoa semoga Allah SWT mengampuni segala dosa almarhumah dan menempatkannya ditempat yang terbaik di sisi-Nya.”

“Tetapi tentunya kita tidak boleh berlarut dalam kesedihan, kita harus segera mencari pengganti tugas-tugas almarhumah sebagai Wakil Rektor I. Seiring itu juga Pak Rektor membutuhkan penyegaran di berbagai struktur yang ada supaya organisasi ini tetap berjalan lebih baik,” tuturnya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I tersebut, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa perpindahan atau pergantian posisi struktural merupakan suatu hal yang biasa dilakukan di setiap organisasi. Hal itu merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja sehingga dapat berjalan baik untuk mencapai visi sebagai tujuan bersama.

“Program mutasi, pergantian ataupun pemberhentian merupakan sesuatu yang memang biasa dilakukan di setiap organisasi. Nah tentunya kondisi ini dalam rangka supaya institusi kita semakin ke depan semakin lebih baik. Kita berupaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sumber daya manusia, oleh karena itu ada beberapa pejabat yang berhenti atau yang dimutasi,” ungkapnya.

Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si juga berharap evaluasi yang dilakukan secara berkala dapat mempercepat akselerasi dalam pencapaian visi, meskipun pada saat pandemi COVID-19 yang masih mewabah agar tetap dapat meningkatkan kinerja.

“Tentunya selain juga evaluasi SDM yang ini akan terus berlanjut karena ini merupakan amanah supaya kita melakukan continues improvement, yakni perbaikan terus-menerus. Ini terkait juga dengan kondisi pandemi sekarang, tentunya pandemi ini harus lebih memacu kinerja kita, meningkatkan kreatifitas kita untuk menghasilkan yang terbaik,” tambahnya.

Sementara itu, Chancellor UNIDA Bogor Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyampaikan perlu adanya efisiensi, maka evaluasi kelembagaan merupakan hal yang harus dilakukan. Selain itu, perlu juga adanya regenerasi melalui pengkaderan sehingga diharapkan dapat menjadi penerus cita-cita UNIDA Bogor di kemudian hari.

“I’AM UNIDA, Ikatan Anak Muda UNIDA, ini menjadi bekal kita untuk menghadapi tantangan ke depan. Membangun dan menyatukan young warrior dengan PKD, karena inilah masa depan kita, penerus kita,” ucapnya.

Terakhir, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH memberikan pesan untuk Wakil Rektor I yang baru dilantik, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, agar dalam prosesnya dapat menguatkan dan meningkatkan kinerja di jalur 1 atau dalam hal ini pada bidang akademik.

“Pesan untuk Bu Ristika, kuatkan di jalur 1 melalui para Wakil Dekan I di fakultas, supaya bisa berjalan beriringan. Siapkan kerja sama yang seluas-luasnya agar program MBKM dapat berjalan dengan baik, kemudian kembangkan kerja sama yang telah dirintis,” tuturnya.

Sekedar informasi, pelantikan pejabat struktural ini berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Rektor UNIDA Bogor Nomor: 01/2021 tentang Promosi dan Mutasi serta Pemberhentian Pejabat Struktural di Lingkungan Universitas Djuanda Bogor.

Adapun berikut nama-nama pejabat yang dilantik:

  1. Dr. Ir. Ristika Handarini, MP sebagai Wakil Rektor I merangkap Direktur Sumber Belajar
     
  2. Dr. Sri Harini, Dra., M.Si sebagai Kepala Lembaga pada Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institusi
     
  3. Dr. Ir. Helmi Haris, MS sebagai Wakil Direktur pada Sekolah Pascasarjana
     
  4. Ir. Nur Rochman, MP sebagai Kepala Bidang Pembinaan Mahasiswa pada Direktorat Kemahasiswaan
     
  5. Dr. La Ode Amril, M.Pd sebagai Kepala Bidang Pengembangan Karir pada Direktorat Kemahasiswan
     
  6. Lise Purnamasari, S.E.I sebagai Kepala Bidang Keuangan pada Direktorat Treasury merangkap Kepala Laboratorium Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi Islam
     
  7. Sudrajat, S.I.Kom sebagai Kepala Biro Sentra Kekayaan Intelektual
     
  8. Nurwati, S.H., M.H sebagai Wakil Dekan I merangkap Kepala Program Studi Hukum pada Fakultas Hukum
     
  9. Dr. Irwan Ch, S.E., MM sebagai Wakil Rektor II merangkap Direktur pada Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi
     
  10. Ruhimat, S.Sos., M.I.Kom sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan
     
  11. Afmi Apriliani, S.Sos., M.A.P sebagai Sekretaris Program Magister Administrasi Publik pada Sekolah Pascasarjana
     
  12. Neng Virly Apriliany, S.Sos., M.A.P sebagai Sekretaris Program Studi Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
     
  13. Acep Muhamad Rusman, S.I.Kom sebagai Kepala Bagian Humas pada Biro Humas dan Protokoler
     
  14. Linda Marlinda, S.Pd sebagai Kepala Bagian Tata Usaha pada Fakultas Pertanian
     
  15. Moh. Mahrus, SH sebagai Kepala Bagian Pemasaran pada Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubator Bisnis
     
  16. Miftakhul Khoer, SHI., ME sebagai Kepala Bidang Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru pada Direktorat Promosi, Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru
     
  17. Ir. Himatul Miftah, M.Si sebagai Wakil Rektor III merangkap Direktur pada Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi Bisnis
     
  18. Danu Suryani, S.Sos., MH sebagai Kepala Bidang Pengembangan Usaha dan Koperasi pada Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubator Bisnis
     
  19. Arif Irawan, S.Ag sebagai Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan pada Direktorat Sumberdaya Insani
     
  20. Arti Hastuti, S.TP sebagai Kepala Bagian Lembaga Penjaminan Mutu