Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) angkatan 2021 selenggarakan Webinar Brilliant Photograping In The Z Era (BLITZ) dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings pada Jum’at, 17 Juni 2022. Kegiatan ini diisi oleh Praktisi Fotografi, Bagoes Arya Zyawahir Suharto dan dihadiri oleh Ketua Prodi Sains Komunikasi sekaligus Dosen Fotografi FISIPKOM UNIDA Bogor, Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, S.P., M.Si.

Ketua Prodi Sains Komunikasi sekaligus Dosen Fotografi FISIPKOM UNIDA Bogor, Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, S.P., M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan Webinar kali ini.

“Diharapkan acara ini dapat berjalan dengan lancar sampai akhir nanti dan bermanfaat serta menjadi awal untuk sukses bagi kita semua,” pungkas Dr. Ali Alamsyah Kusumadinata, S.P., M.Si.

Selanjutnya Ketua Pelaksana Webinar BLITZ, Tubagus Reza Oktavian dalam paparan sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang pada para peserta di Webinar Fotografi Blitz ini. Webinar kali ini membahas dasar-dasar fotografi sehingga para peserta dapat memahami terlebih dahulu mengenai dasar-dasar fotografi yang sangat penting.

“Diharapkan materi Webinar ini dapat dipahami sehingga dapat bermanfaat untuk seluruh peserta yang ikut dalam Webinar kali ini serta semoga ilmu yang ada di webinar BLITZ ini menjadi amal jariyah untuk kita semua,” tutur Tubagus Reza Oktavian.

Pada keselmpatan yang sama, Bagoes Arya Zyawahir Suharto selaku pemateri menyampaikan bahwa penting untuk belajar fotografi pada saat ini karena pada saat ini fotografi menjadi bagian dari kehidupan yang dan tidak dapat dipisahkan. Fotografi terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani diantaranya photos yang berarti cahaya dan grafo yang artinya menulis atau melukis yang berarti memiliki arti melukis dalam cahaya. Dalam fotografi diharuskan mengusai elemen-elemen dasar seperti Triangle Exposure yang diantaranya ISO, Shutter Speed dan Aperture yang ketiga elemen ini sangat penting dalam dunia fotografi yaitu untuk mengatur cahaya sekitar.

 

“Ketiga hal tersebut harus dapat dipahami karena sangat penting dalam pengaturan cahaya dalam fotografi. Ada pun yang dimaksud dengan ISO adalah sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Jika ISO tinggi maka cahaya yang masuk semakin banyak tapi semakin besar resiko terjadinya noise atau bintik-bintik di foto sedangkan dalam ISO rendah, sensor akan menangkap gambar lebih detail tetapi butuh lebih banyak cahaya sehingga gambar terlihat lebih gelap. Untuk shutter speed atau yang biasa disebut dengan kecepatan rana adalah nilai kecepatan terbukanya jendela kemera sehingga cahaya dapat masuk ke dalam sensor kamera. Pada shutter speed dengan setting cepat maka jumlah cahaya yang diterima oleh sensor semakin sedikit begitupun sebaliknya. Selain pencahayaan ada juga teknik pengambilan gambar seperti Eye Level AngleFrog Eye Angle, Low Angle, High Angle dan Bird Eye Angle dan lainnya,” tutur Bagoes Arya Zyawahir Suharto.

 

Sumber : https://unida.ac.id/artikel/bahas-dasar-dasar-fotografi-mahasiswa-sains-komunikasi-fisipkom-unida-bogor-gelar-webinar (Humas UNIDA)