Dalam rangka kegiatan Kaderisasi BEM FISIP 2022, mendukung pemenuhan wawasan terkait dan mengenal lebih jauh mengenai definisi dan ruang lingkup jenjang karir bagi Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik,  Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik diselenggarakan acara EDUSPACE 2022 pada 11 Juni 2022. Bertempat di Aula Gedung C Universitas Djuanda kegiatan menghadirkan narasumber Irma Purnamasari S.Sos M.Si. (Dosen Administrasi Publik dan Wakil Dekan Bidang Akademik).

Mengusung tema Get Ready With Public Administration kegiatan ini merupakan proses  pengenalan lebih jauh tentang Program Studi Administrasi Publik dengan muatan teori dan implementasi langsung oleh narasumber kepada Mahasiswa Administrasi Publik. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjawab kebingungan mahasiswa yang mengambil Program Studi Administrasi Publik agar lebih terarah dalam proses penentuan karir atau profesi yang akan dijalani.

Narasumber Irma Purnamasari S. Sos., M.Si. memaparkan dalam materinya kondisi daya saing di Indonesia yang kian hari kian ketat dikarenakan kebutuhan dunia kerja yang memerlukan SDM dengan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya komposisi ASN di Indonesia mengenai komponen yang terdapat di ASN dan posisi administrasi sebagai pelaksana ada pada urutan pertama yaitu sebanyak 38% pada tahun 2019.

“Mengingat layanan dengan multi teknologi yang semakin meningkat sehingga diperlukan bagian administrasi sebagai pelaksana yang memahami prosedur yang berlaku untuk membantu masyarakat menggunakan dan atau menjalani suatu pelayanan bekerja sama untuk mencapai tujuan dengan efektif, efisien, dan rasionalitas,” tuturnya.

 

Narasumber juga menyampaikan pemaparan materi mengenai profil lulusan Administrasi Publik yang membahas mengenai beberapa prospek kerja yang menjanjikan seperti bekerja di instansi pemerintah atau swasta, menjadi seorang birokrat, pengelola kegiatan lapangan serta sebagai analis kebijakan. Adapun kemampuan yang harus dimiliki adalah komunikatif, memahami ilmu pemerintahan dan ilmu ekonomi, serta menguasai ilmu Administrasi Negara. Irma menegaskan untuk “Seriuslah dalam belajar, dalam berkuliah, karena hasil tidak akan membohongi proses,” pungkasnya.

Ketua pelaksana Muhammad Qopal Hidayat  sangat mengapresiasi atas suksesnya kegiatan ini.

“Saya berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat mulai dari panitia, para peserta, dan pihak-pihak yang menjadi media partner sehingga acara ini dapat terpublikasi luas dan terlaksana dengan semestinya. Untuk pemateri kita pada hari ini, yang telah memaparkan materi nya dengan baik. Hal ini dapat menjadi pengetahuan baru untuk kami semua. Acara ini pun mendapat antusias yang baik dari para peserta karena diskusi antara pemateri dengan pesertanya berlangsung interaktif,” tutupnya.

 

Desi Fitriyana selaku Mahasiswa Administrasi Publik 2021 menyambut baik kegiatan Eduspace ini ia menuturkan “Acaranya menyenangkan dan pastinya dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi saya selaku peserta pada kegiatan ini. Saya dapat mengenal lebih jauh mengenai Administrasi Publik dan dapat mengetahui tentang prospek kerja lulusan Administrasi Publik itu seperti apa. Semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi agar Mahasiswa Administrasi Publik bisa menata cita-citanya dengan baik,” ungkapnya. 

 

Sumber : https://unida.ac.id/artikel/mengenal-lebih-jauh-tentang-program-studi-administrasi-publik-himpunan-mahasiswa-administrasi-publik-selenggarakan-eduspace-2022 (Humas UNIDA)