Bogor - Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Bendungan. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, 18 sampai 21 Juli 2022.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 8 program Studi Sains Komunikasi, menyelenggarakan kegiatan penyuluhan terkait Cyberbullying dan Digital Marketing. Peserta penyuluhan berfokus pada pemuda RW 03, Desa Bendungan.

Kegiatan ini dimulai dengan tahap sosialisasi secara langsung kepada warga, pada Senin (18/7). Warga menyambut baik kedatangan para mahasiswa.

"Ya, akan kami bantu. Nanti saya ajak teman-teman saya," ucap salah satu warga.

Selanjutnya, pada Selasa (19/7), mahasiswa KKN kelompok 8 menyelenggarakan penyuluhan Cyberbullying.

Materi disampaikan oleh M. Alif Rizki selaku anggota kelompok 8. Ia menyampaikan mengenai jenis-jenis Cyberbullying serta dampak negatif dari perilaku tersebut.

Kegiatan hari kedua, diselingi dengan berbagai games yang dapat menarik perhatian peserta penyuluhan. Dipandu oleh Master of Ceremony (MC), Isni Amelia dan Eka Permadi Widodo, memandu acara dengan menyenangkan.

Hari ketiga, Rabu (20/7) kegiatan dilanjut dengan penyuluhan mengenai Digital Marketing. Dipandu oleh MC, Sheilla Azhary Maulidina dan Ahmad Juanda. Materi disampaikan oleh Nissa Dwi Anggraeni dan Eka Permadi Widodo.

Mereka menyampaikan mengenai arti penting digital marketing, cara membangun brand sebuah produk, hingga memberikan contoh usaha jasa yang menggunakan strategi digital marketing. Untuk menambah pemahaman, kegiatan diselingi dengan praktik.

Peserta penyuluhan membentuk kelompok. Setiap kelompok, belajar untuk merancang strategi digital marketing terhadap usaha yang akan dijalankan.

"Ya, berharap adanya KKN ini bisa membuat anak-anak dan pemuda di sini semakin melek digital. Apalagi ada digital marketing, semoga bisa lebih bermanfaat," ucap ketua pemuda, R. Irsan Mahu.