Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Bitungsari Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda  (UNIDA) Bogor selenggarakan Kegiatan Digitalisasi Arsip untuk Meningkatkan Pelayanan Administrasi Desa di Desa Bitungsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor pada hari Jum’at, 22 Juli 2022 yang bertempat di Aula Kantor Desa Bitungsari (22/7/2022). Kegiatan Pengabdian pada masyarakat merupakan  bagian dari  kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dalam kegiatan ini mengangkat tema Administrasi Desa, dengan memberikan pelatihan tentang Digitalisasi Arsip Untuk Meningkatkan Pelayanan Administrasi Desa.

Kegiatan ini dilatar belakangi dengan administrasi merupakan suatu kegiatan 2 orang atau lebih untuk menggapai satu tujuan yang sama tentunya dalam administrasi terdapat suatu arsip yang menjadi berkas untuk keperluan dimasa yang akan datang. Pada zaman sekarang ini tentu semua berbasis digital dari segi makanan, memesan kendaraan hingga proses peng arsipan itu sendiri.

Maka dari itu tujuan dari kegiatan ini adalah memberi tahu kepada pemerrintah desa tentang pentingnya digitalisasi arsip untuk meningkatkan pelayanan administrasi desa.

Adapun rangkaian kegiatan pertama pembukaan oleh MC lalu yang kedua sambutan dari kepala Desa Bitungsari dan selanjutnya  masuk ke sesi pemberian materi pertama oleh bapak Berry Sastrawan, S.Sos., M.A.P, tentang pentingnya digitalisasi Arsip untuk meningkatkan administrasi desa. Kemudian dilanjutkan ke pemateri kedua yaitu dari Siti Mardotillah tentang bagaimana cara mendigitalkan formulir pelayanan untuk suatu kegiatan yang ada di Desa Bitungsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri ketiga yaitu Muhamad Bintang Respati mengenai tentang caranya membuat formular online atau Google Form kepada para peserta kegiatan sosialisasi. Setelah itu closing statement dari Dosen Pembimbing dan juga dilanjutkan sesi foto Bersama dan yang terakhir penutup.

Dalam kegiatan ini terdapat beberapa sambutan diantaranya:

Dedeh Andayani S.I.P – kepala Desa Bitungsari Kecamatan Ciawi Kabupaten BogorKepala Desa menyampaikan permohonan maaf karena tidak sempat bertemu saat hari pertama KKN kemudian Kepala Desa mengucapkan banyak terimakasih kepada Dosen Pembimbing dan Mahasiswa KKN FISIPKOM UNIDA BOGOR yang telah bersedia mengadakan sosialisasi terkait digitalisasi arsip untuk meningkatakan pelayanan administrasi desa bitungsari. Kepala Desa berharap peserta soasialisasi dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk direalisasikan dalam kehidupan bersosial maupun di organisasi karena proses digitalisasi sangat penting guna dimasa yang akan dating” tuturnya.

Berry Sastrawan, S.Sos., M.A.P – Dosen Pembimbing menuturkanDizaman sekarang semuanya hampir berbasis digital atau online dalam segi jual beli , jasa kendaraan hingga pembelajaran atau rapat dilakukan secara daring. Tentunya  inovasi digital terutama dibidang pelayanan administrasi desa harus kita persiapkan dari sekarang mungkin saat ini pelayanan digital yang dilaksanakan oleh pemerintah desa belum terasa manfaatnya akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika anak anak muda yang sekarang  berumur 18 tahun atau 20 tahun sudah mengerti tentang  sistem digital maka 20 tahun yang akan datang mereka pasti sudah melek dengan digitalisasi tersebut. Tentunya dengan adanya digitalisasi pelayanan diharapkan pelayanan administrasi akan lebih mudah, cepat dan eifisien”.

Kemudian Siti Mardotillah & Muhamad Bintang Respati – Mahasiswa menuturkan bahwa suatu kegiatan atau event tentunya tidak lepas dari hal adminstrasi salah satu nya dengan mengisi formulir, formulir pada umumnya berbentuk hardcopy atau cetakan lalu kita isi sendiri dan dikumpulkan ke panitia. Pada materi kedua ini akan membahas tentang caranya membuat formulir secara online di google drive / formulir. Materi berisi tentang bagaimana langkah langkah pembuatan formulir lewat google dan cara mengolah data yang di dapatkan kedalam bentuk laporan sehingga diharapkan dapat memudahkan peserta sosialisasi ketika sedang mengelola suatu kegiatan atau acara tersebut.

Setelah dilakukan sosialisasi terkait Digitalisasi Arsip untuk Meningkatkan Pelayanan Administrasi Desa  di Desa Bitungsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor diharapkan seluruh peserta baik Perangkat Desa atau Pemuda Desa Bitungsari dapat berkolaborasi dalam  pelayanan administrasi secara digital tentunya hal ini diharapkan akan membantu kemajuan Desa dalam segi Pelayanan Administrasi serta Meningkatkan Soft Skill Pemuda Desa Bitungsari dalam pengelolaan suatu kegiatan atau acara yang dilakukan secara digital.