Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bogor (05/06)- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, adakan Webinar Nasional Kewirausahaan yang mengusung tema, "Membangun Jiwa Kewirausahaan Kreatif dan Mandiri Untuk Menghadapi Tantangan Global Menuju Indonesia Maju." Webinar Nasional ini dihadiri oleh 83 peserta dari 8 Universitas dan 8 SMA sederajat, dilaksanakan via Zoom Meeting pada pukul 09.00-12.56 WIB.

BEM FKIP gelar Webinar Nasional ini sebagai salah satu acara yang memang sudah dirancang dan merupakan program Divisi Kewirausahaan tahun ini. "Besar harapan kami selaku panitia agar siapapun peserta yang mengikuti acara ini, entah mahasiswa maupun siswa SMA sederajat, dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sedini mungkin, agar nantinya mampu menjadi enterpreneur yang cerdas dan kreatif tentunya seperti yang sudah tertuang dalam tema webinar ini yaitu, membangun jiwa kewirausahaan yang kreatif dan mandiri untuk nantinya bisa menghadapi tantangan global menuju Indonesia maju," papar Risma Dwiyanti, selaku ketua pelaksana.

Seminar ini diisi oleh tiga narasumber, yang pertama yaitu Dr. Hj. Lilis Fauziah Balgis SH.I. MA.Ek seorang Dosen FKIP dan Owner Mam.hijab. Ia memaparkan dengan judul pembahasan, "Al-Qur'an membangun jiwa kewirausahaan yang kreatif dan mandiri bersama Era Digital menuju Indonesia Maju." 

Isi materi beliau meliputi digital enterpreneurship yang mempunyai jangkauan lebih luas, cepat, berbasis internet, efisien dan mudah dilakukan.

Di akhir statement ia mengatakan, "Jangan diem aja! Yuk bisnis, kita kan bukan anak Sultan!"

Narasumber kedua yaitu, Irma Juwita Hartami SE. MM, yang merupakan Founder CEO IJH. Group. Ia memaparkan tentang 4 unsur pokok yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha, yaitu kemampuan membaca peluang, berinovasi, mengelola dan menjual. Kemudian keberanian mengatasi ketakutan, mengendalikan resiko dan keluar dari zona nyaman. Selanjutnya, keteguhan hati. Yaitu, pantang menyerah, teguh dalam keyakinan dan memikili kekuatan dalam pikiran bahwa anda bisa melakukan yang terbaik. Terakhir, memiliki kreativitas yang tinggi. 

Seulas pesan yang disampaikan, yaitu, "Bisnis bukan soal hebat. Tapi bisnis juga ada campur tangan Allah dan Ridho orangtua," ucapnya.

Kemudian narasumber ketiga yaitu, Adam Merdeka yang merupakan Founder/Ceo Ambivers.id. Mechanical Engineering UPN "veteran" Jakarta. Ia memaparkan materi mengenai business plan. Dimana ada 4 mindset in business yang perlu dimiliki oleh leader atau pemimpin dalam berbisnis, yaitu leader bisnis harus memiliki karakter pembelajar. Sehingga nantinya dapat menerapkan prinsip ATM, Amati, tiru, modifikasi. Kemudian, leader bisnis harus bisa novatif dan mudah beradaptasi dengan situasi apapun. Selanjutnya, leader bisnis harus berorientasi ke pelanggan. Terakhir, leader bisnis harus tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Berikut merupakan kesan serta tanggapan dari beberapa peserta yang mengungkapkan bahwa materi-materi hari ini lebih dari cukup untuk memantik dan membuat mereka sedikit banyak tergerak dalam bidang kewirausahaan. 

Nisha Nuraisyah, Ketua Umum Himpunan Manajemen Pendidikan Islam yang merupakan salah satu peserta Webinar Nasional hari ini mengungkapkan, "Alhamdulillah buat webinar tadi bener-bener bikin aku dapet ilmu sama informasi baru mengenai kewirausahaan yang kedepannya insyaallah bikin audiens terutama aku sendiri dapet motivasi buat terus berinovasi di bidang passion masing-masing tentunya dalam konteks kewirausahaan."

 

"Selama saya mengikuti webinar ini saya senang karena pembicaranya sangat berkualitas dan penyampaiannya sangat baik sehingga saya dapat menyerap ilmu kewirausahaan ini dengan baik pula. Ilmu kewirausahaan ini sangat penting untuk remaja yang ingin merintis bisnisnya meskipun dalam keadaan pandemi seperti ini. Sehingga dalam keadaan apapun, tidak mematahkan semangat kita untuk mau memulai atau terus berwirausaha," ucap Ambri Junlim Yungli, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Psikologi Program Studi Psikologi.

Lala Laila Zulfa, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar ungkap kesan selama mengikuti webinar. "Acara webinar kewirausahaan ini memberikan kesan yang luar biasa bagi saya, membuka mindset saya bahwa memulai wirausaha itu tidak membutuhkan banyak modal, bahkan berwirausaha itu gratis. Normally, saya jarang sekali berminat untuk mengikuti seminar atau workshop yang bertajuk wirausaha atau ekonomi. Oleh karena itu, saya mengapresiasi sekali kepada penyelenggara yaitu bem fkip karena ini merupakan suatu hal yang baru, meskipun penyelenggara bukan berasal dari rumpun keilmuan ekonomi, namun dapat menyelenggarakan webinar ini dengan sukses sehingga memberikan wawasan dan pemahaman mengenai wirausaha khususnya mahasiswa/i FKIP dan kepada masyarakat umum," tutupnya.