Dalam rangka menerapkan karakter tauhid di masyarakat, mahasiswa KKN kelompok 21 yang beranggotakan 11 orang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor di Desa Cidahu kecamatan Cidahu, mengadakan beberapa program yang diantaranya santunan anak yatim, bazar berkah, waqaf Alqur’an, iqra dan juz’ama , pemberian mukena, pemberian baju, jaket ,tas, juga penerangan jalan umum (PJU).

Kegiatan ini didukung oleh beberapa donatur yang diantaranya dari komunitas Khatulistiwa Indonesia dan donatur lainnya. Kegiatan santunan anak yatim diselenggarakan dikampung Legok Nyenang dan Cihandeleum Desa Cidahu pada tanggal 17 Agustus 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi anak serta menumbuhkan rasa empati/ kepedulian dalam berbagi terhadap sesama.

Anggota KKN kelompok 21 memaparkan bahwa, Potret budaya mengaji warga Desa Cidahu memiliki jadwal pengajian yang rutin mulai dari anak-anak sampai ibu-ibu yang memiliki jadwal tersendiri, namun sarana yang tersedia kurang memadai. Maka dari itu kelompok KKN 21 menyalurkan donasi berupa wakaf Al-Qur’an sebanyak 218, 200 Iqra‘, 15 Juz’ama, 25 Mukena. Serta pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk menuju masjid dan majlis. Adapun dalam memeriahkan 17 Agustus dikampung Legok Nyenang, kami mengadakan kegiatan bazar berkah berupa pakaian, tas dan kerudung. Yang hasilnya akan kami salurkan untuk kegiatan sosial lainnya. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk membantu meringankan pengeluaran masyarakat. Selain itu untuk memotivasi anak-anak Kampung Legok Nyenang dan Cihandeleum dalam belajar kami membagikan sarana pendukung berupa alat tulis, jaket, kaos olahraga dan tas.

“Dengan adanya kegiatan dari mahasiswa ini, antusiasme masyarakat sangat tinggi karena bermanfaat dan masyarakat merasa terbantu dengan program-program yang diadakan oleh mahasiswa, Alhamdulillah kami  sangat bersyukur.” Ujar mamah Yuyum selaku tokoh masyarakat di Desa Cidahu yang merupakan Kader terbaik se-Indonesia.