Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 2021 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor pada Kamis (22/07/2021).

Kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 2021 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor tersebut turut  mengundang Plt. Rektor Universitas Djuanda Bogor Ibu Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.   Bapak Ir. Nur Rochman, MP. Selaku kepala Bidang Pembinaan Prestasi pada Direktur Kemahasiswaan, turut hadir Struktural, Dosen, dan Mahasiswa FKIP UNIDA Bogor.

 Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor Muhammad Hilman.

Ibu Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I.. Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, memberikan sambutan dalam Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 2021 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor Ini.

“Alhamdulillah, Semoga Allah selalu menjaga kita dalam kondisi Sehat lahir dan Batin. Pelaksanaan KKN Pada saat ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan pendekatan individual, jadi KKN kali ini sebagaiman KKN sebelumnya karena kita dalam suasana Pandemi maka pendekatannya individual, walaupun kelompok-kelompok dengan bantuan moda daring,jadi basisnya memang dilaksanakan daring, adapun kegiatan-kegiatannya memang dilaksanakan dengan berpusat pada daerah atau wilayah lokasi sekitar tempat tinggal dan lingkungan masing-masing, sehingga dlam situasi saat ini, Mahasiswa tidak dituntut pergi dari tempat tinggalnya. Selanjutnya KKN 2021 saat ini juga berbasis Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan dilakukan berbasis dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, untuk itu KKN 2021 memang membangun softskill kemitraan, kemudian kerjasam tim antar lintas Disiplin ilmu maupun kepemimpinan. Dengan basis daring ini memang cakupan dari kegiatan pengabdian Masyarakat dari peserta KKN ini lebih luas, mudah-mudahanan kebermanfaatannya juga lebih luas” tutur beliau dalam sambutan singkatnya.

Selanjutnya Bapak Ir. Nur Rochman.MP  Selaku Kepala Bidang Pembinaan Prestasi pada Direktur Kemahasiswaan menyampaikan terkait dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 2021 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, sekaligus melepas Kegiatan KKN AKB 2021.

 “KKN ini adalah merupakan program kurikulum yang tercantum pada program Fakultas, Perlu kita ketahui bahwa KKN ini pada dasarnya merupakan pembelajaran bagi para Mahasiswa agar mampu mentransfer ilmu pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan kepada Masyarakat, disini harapan kita mudah-mudahan para Mahasiswa mampu menumbuh kembangkan kompetensi baik kognitif maupun kompetensi psikomotorik diharapkan bisa lebih membantu perubahan di Desa saat ini Mahasiswa tinggal. Disisi lain kita berharap Mahasiswa agar selain menjalankan kegiatan KKN ini. Hal utama dalam kegiatan KKN ini, bagaimana Mahasiswa bisa belajar secara nyata kepada masyarakat, kita diharapkan mampu menemukan hal-hal yang terkait dengan isu persoalan di Masyarakat. Agar persoalan-persoalan itu bisa teratasi. Kalau ada peluang-peluang atau kompetensi di Masyarakat itu harus di tumbuh kembangkan. Tentunya sangat diharapkan mahasiswa membantu mengatasi terutama membantu pemasaran produk-produk UKM yang ada di Desa masing-masing. Disisi lain ini menjadi pembelajaran bagi para Mahasiswa ” Tutur beliau dalam sambutannya

Kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 2021 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor  di Akhiri dengan Pembacaan Do’a oleh Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor Bapak M. Rendi Ramadhan, M.Pd.

Sebagai informasi, kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 2021 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor  ini diikuti oleh sekitar 165 peserta melalui Zoom Cloud Meeting, terdiri dari Undangan, Struktural FKIP UNIDA, Dosen FKIP UNIDA Bogor, Mahasiswa FKIP UNIDA Bogor