Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan Halal Bi Halal 1442 H secara Virtual  (25/05/2021).

Kegiatan Halal Bi Halal 1442 H  tersebut dihadiri oleh Struktural FKIP Unida Bogor dari Mulai Dekan sampai Prodi yang berada pada FKIP UNIDA Bogor,  turut  mengundang Dosen-dosen dan Perwakilan Mahasiswa FKIP UNIDA Bogor . Kegiatan dibuka dengan Agenda yang pertama pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, yang dibacakan oleh Muhammad Irfan Maulana, S.E. .

Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I. Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, memberikan sambutan dalam kegiatan Halal Bi Halal 1442 H.

“Alhamdulillah tentunya ini sebuah kesyukuran teramat sangat bagi kita, karena sampai saat saat ini kita masih dijaga oleh Allah SWT, mudah-mudahan terus dan senantiasa kita diberikan keberkahan, kesehatan dan juga dijaga dalam setiap keadaan. Mudah-mudahan Halal Bi Halal secara virtual ini tidak mengurangi rasa yang ada, mudah-mudahan kita semuanya kembali dalam keadaan fitrah dalam momen yang memang Halal Bi Halal bertujuan untuk saling bisa memafkan  dan atas anam strukutural FKIP UNIDA Bogor kami memohon maaf kepada Bapak Ibu Dosen dan juga kepada para Mahasiswa jika selama ini kita ada kata-kata atau sikap perilaku selama kita saling mengenal kemudian ada yang menyinggung hati ataupun tidak sengaja menyakiti hati Bapak Ibu maupun teman-teman Mahasiswa disini tentunya kami mohon maaf yang sebsar-besarnya kami juga manusia. Mudah-mudahan Allah SWT juga mengampuni.” tutur beliau dalam sambutan singkatnya.

Selanjutnya Tausiyah dan juga Do’a yang disampaikan oleh Dosen FKIP UNIDA Bogor Dr. Agus Priyatno, Ir., MM.

 “Setelah kita menyelesaikan sebulan penuh di bulan puasa maka hal terbaik yang kita lakukan adalah mari kita bersama-sama sebagaimana memang kebiasaan manusia adalah menghitung, memang manusia ini ahli menghitung maka banyak ayat Al-Qur’an yang menyuruh kita berhitung juga, di dalam bulan idul fitri ini mari kita bersama-sama untuk menghitung apa yang sudah kita lakukan selamat bulan Ramadhan., apakah amalan yang sudah kita lakukan ini memang sesuai yang diharapkan dari tujuan puasa itu sendiri, kalau kita liat didalam siklus manajemen ibadah  maka tujuan puasa itu sendiri adalah dalam rangka untuk la'allakum tattaqun, maka setelah ada tujuan berproseslah menjadi planning, organizing,  dan lain seagaianya.  Indikator orang-orang bertaqwa yang pertama adalah dia orang-orang yang menginfaqan sebagian hartanya pada situasi luang atau dalam kondisi kesulitan, ini adalah salah satu tujuan daripada Puasa, supaya kita tidak mencintai kepada harta, kita boleh memiliki harta, tetapi tidak boleh mencintai harta kita. Mari kita bersama-sama bertuju kepada orang-orang yang berkategori tidak mencintai harta tetapi InsyaAllah memiliki harta dan kita selalu peduli dengan orang lain.  Yang kedua adalah oramg-orang yang bisa menahan marah, yang ketiga adalah mudah memaafkan, yang keempat kita diminta menjadi orang-orang yang ketika lalai, maka jadilah kita orang-orang  yang selalu ingat Allah SWT,  maka kita memohon ampun”  Tutur beliau dalam pemaparan materinya.

Sebagai informasi, kegiatan Halal Bi Halal 1442   ini diikuti oleh sekitar 50 peserta melalui Zoom Cloud Meeting, terdiri dari Struktural,  Dosen, Perwakilan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor