Pengairan merupakan salah satu program unggulan mahasiswa KKN kelompok 13 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.

Adanya program pengairan ini dilatar belakangi dengan musim kemarau yang panjang dan sulitnya menemukan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pengairan ini bertempat di kampung Babakan Parakan Panjang di belakang majlis Nurul Hudan RT 02 RW 02 Desa Sukamakmur.

Program pengairan ini disambut baik dan antusias yang tinggi dari masyarakat. Mahasiswa KKN kelompok 13 ini bekerjasama dengan warga masyarakat dalam membangun pengairannya, mulai dari membuat penampungan hingga memasang paralon dari sumber mata air. Pengairan ini di selenggarakan mulai dari hari Selasa, 20 Agustus 2019 – 23 Agustus 2019.

Dengan Adanya Pengairan bagi warga masyarakat ini mahasiswa KKN kelompok 13 berharap agar warga masyarakat bisa hidup sehat dengan terpenuhi kebutuhan hidupnya dengan adanya air. Dan mahasiswa KKN kelompok 13 juga berharap agar warga masyarakat bisa memanfaatkan dan merawatnya dengan baik. Seperti halnya penuturan dari ketua RT 02/02  yaitu bapak Saefudin yang berharap agar warga masyarakat bahagia dan senang dengan adanaya bantuan dari mahasiswa KKN kelompok 13, karena ini merupakan kepentingan bersama sehingga warga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.