Bogor 8 Oktober 2019, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Djuanda Bogor dalam upaya meningkatkan dan mempersiapkan Guru inklusif di Sekolah Dasar mengadakan kegiatan Visiting Lecturer and Focus Group Discussion (FGD).

Turut andilnya Prodi PGSD terhadap program pemerintah tentang pendidikan inklusif berdasarkan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 yang mengedepankan bahwa pendidikan harus untuk semua, yaitu peserta didik dengan karakteristik yang berbeda, keterbatasan serta keragaman. Kegiatan Visiting Lecturer dan FGD menghadirkan dua pemateri utama yaitu Bapak Agung Ery Suwardi, S.Pd., M.M. yang merupakan praktisi pendidikan inklusif dari sekolah Islam Fitrah (SIF) Al Fikri Depok, serta Ibu Dr.Rasmitadila,M.Pd yang menyampaikan hasil penelitian tentang model strategi pembelajaran pendidikan inklusif yang diperoleh Universitas Djuanda Bogor pada hibah Inovasi Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti. Pemateri mengutarakan bahwa di era sekarang menjadi seorang guru bukan hanya mengajar kepada peserta didik yang reguler dan pintar, tetapi dibutuhkan tenaga pendidik atau guru-guru yang luar biasa, yakni seorang guru yang mampu membimbing dan mendidik juga anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Agung
menambahkan bahwa keberhasilan pendidikan inklusif harus adanya peran sekolah, guru inklusif, guru pendamping, orang tua, dan masyarakat untuk membantu proses adaptasi sekaligus perkembangan psikologi seluruh peserta didik termasuk peserta didik ABK.

Harapan dari kegiatan visiting lecturer dan FGD tentang pendidikan inklusif dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa terkait sistem pembelajaran inklusif dari praktisi inklusif yang mengalami permasalahan-permasalahan dengan peserta didik ABK secara langsung. Selain itu dapat mengenal lebih jauh tentang model strategi pembelajaran yang sedang dikembangkan oleh PGSD FKIP Unida agar dapat diimplementasikan di kelas inklusif nantinya. Kegiatan visiting lecturer mendapatkan apresiasi dari pihak fakultas dan program studi yang dihadiri Wakil Dekan 1 FKIP, Bapak Teguh Prasetyo, M.Pd. dan Kaprodi PGSD, Ibu Helmia Tasti Adri, M.Pd.Si. (HMA)