Universitas Djuanda Goes To Asean Global Leadpreneurship Program

Universitas Djuanda Goes To Asean Global Leadpreneurship Program

Blog Single

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor  Prodi Manajemen atas nama Nispi Yani Sya’banniah mengikuti Asean Global Leadpreneurship Program 2019 yang dilaksanakan di Singapura dan Malaysia pada tanggal 5-8 Agustus 2019, kegiatan ini diikuti oleh 18  mahasiswa dari beberapa kampus lainnya, seperti Insitute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pasundan (UNPAS), Universitas Padjadjaran Bandung (UNPAD), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) serta siswa SMA yang akan melanjutkan sekolah nya di pendidikannya ke perguruan tinggi. Bentuk kegiatan ini berupa leadership, cultural studies, educational mission, dan entrepreneurship.

kegiatan di Hari pertama (5/08) yaitu pemberangkatan menuju Singapore Management University (SMU) dan diskusi bersama organisasi Singapore Manajement University Indonesia (SMUKI) tentang kehidupan dan budaya Singapura dan Indonesia, bagaimana sistem pendidikan di SMU kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang diselenggarakan di Merlion Park untuk mengikuti Program Short Training Leadership Dan sore harinya dilanjutkan dengan menikmati pertunjukan Garden by the bay.

Hari kedua (6/08) diisi dengan kunjungan ke universitas number dua di dunia yaitu Nanyang Technology University (NTU). Tidak jauh beda dengan SMU, di NTU kita juga dapat mempelajari belajar bagaimana cara memperoleh beasiswa di NTU Disana terdapat banyak pelajar Indonesia yang pintar dan sukses diantaranya pembuat media pembelajaran berbasis online seperti web ruang guru. selain itu, untuk lebih mengeksplor negara Singapura dilaksanakan kegiatan makan malam sekaligus berbelanja di Chinatown yang dilanjutkan dengan perjalanan menuju Kuala Lumpur Malaysia menggunakan bis.

Di Malaysia, pada hari ketiga (7/08) dilaksanakan persiapan study banding ke Universitas number 1 di Malaysia yaitu University Malaya (UM) dan mengunjungi Masjid Jameek, KLC Gallery Museum dan Merdeka Square,  kemudian menikmati widata belanja di Pasar Seni serta mengunjungi ikon Malaysia yaitu Petronas Twin Towers.

Di hari terakhir (8/08) kegiatan ini diisi dengan mengunjungi salah satu toko cokelat di Kuala Lumpur, disana turut diedukasi cara pembuatan coklat dan khasiat dari coklat tersebut.  kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke toko teh, lalu berakhir dengan perjalanan kembali ke Indonesia.

Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk menjadikan generasi muda memiliki pola pikir yang global, berjiwa interprener dan memiliki pemikiran yang inovatif, yang berguna untuk Indonesia di masa yang akan datang.

            “Harapan saya tahun berikutnya mahasiswa UNIDA bisa mengikuti program Asean Global Leadpreneurship Program (AGLP) dengan mempersiapkan kemampuan Bahasa Inggris yang baik. karena banyak pengetahuan, ilmu dan kebudayaan disana yang bisa di aplikasikan pada kampus tercinta Univeraitas Djuanda sebagai agent of change indonesia. Selain itu,  semoga banyak mahasiswa UNIDA yang melanjutkan studi di Nanyang Technology University (NTU), Singapore Management University (SMU) dan di malaysia University Malaya (UM) dengan mempersiapkan skill dan kemampuannya demi Indonesia” Ujar Nispi 

Related Posts: