Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Profil

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi wadah dan pendorong Universitas Djuanda Bogor dalam rangka melaksanakan transformasi pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Sehubungan dengan hal tersebut, Universitas Djuanda Bogor telah mempersiapkan diri sebagai “Kampus merdeka” yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep merdeka belajar yang juga merupakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana tercantum dalam Permendikbud No. 3 Tahun Dikti Tahun 2020. Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi langkah akselerasi Universitas Djuanda dalam mencapai Visi yaitu “Menjadi Universitas Riset yang Menyatu dalam Tauhid dan Diakui Dunia,” dan Misi yaitu “Menyelengarakan pancadarma Pendidikan tinggi berkualitas dan modern yang meliputi Pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, profesionalitas dan ketauhidan untuk mendorong terwujudnya lulusan yang cerdas intelektual, spiritual, emosional, sosial, berkompeten, berjiwa wirausaha yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa serta menjadi rahmatan lil’aalamiin”.

Program MBKM juga merupakan bukti pelaksanaan dari Standar SPMI Universitas Djuanda tahun 2020 terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan sesuai dengan eksistensi Universitas Djuanda Bogor sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi kearifan lokal di Jawa Barat, nilai-nilai keislaman, semangat nasional dan daya saing internasional sebagaimana tertuang dalam 21 Karakter Bertauhid Insan Universitas Djuanda Bogor.

Konsep MBKM di Universitas Djuanda Bogor merupakan perpaduan antara Program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan 21 Karakter Bertauhid Insan Universitas Djuanda Bogor yang di dalamnya sudah secara komprehensif mencakup karakter yang diperlukan mahasiswa dalam menjalankan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kesiapan Universitas Djuanda Bogor dalam mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga terimplementasikan dalam strukturisasi pengelolaan unit kerja di perguruan tinggi dimana Universitas Djuanda Bogor memiliki unit-unit pengelola yang mendukung dan mengakomodir pelaksanaan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diantaranya :

  1. Unit pengelola sistem informasi (Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi) yang mendukung kegiatan pembelajaran secara daring (online) dalam bentuk Learning Management System (LMS) pada program pertukaran mahasiswa dan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk administrasi akademik yang mendukung seluruh program MBKM.
  2. Unit pengelola kerjasama (Direktorat Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri) yang mengakomodir pelaksanaan kerjasama dengan berbagai pihak terkait baik sesama perguruan tinggi, instansi pemerintah/swasta serta pendokumentasian dan kegiatan.Unit ini juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sehingga memudahkan dalam mengambangkan kerjasama terkait Program MBKM.
  3. Unit pengelola pembelajaran (Direktorat Pembelajaran)yang mengakomodir kebutuhan terkait pembelajaran dan memberikan arahan terhadap proses kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka terutama dalam pembentukkan Kurikulum MBKM.
  4. Unit pengelola riset dan pengabdian masyarakat (Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat) yang mendukung kebutuhan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa baik dalam Program MBKM Penelitian maupun Program Membangun Desa/KKN tematik.
  5. Unit pengelola inkubasi bisnis (Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi Bisnis) yang mencari bakat, memberikan pelatihan dan mengarahkanmahasiswa yang memiliki minat dalam bidang kewirausahaan yang bekerjasama dengan Career Development Center (CDC) terutama pada Program Direktorat ini juga bertanggungjawab terhadap administrasi terkait kegiatan inkubasi bisnis dan inovasi di Universitas Djuanda.
  6. Unit Pengelola kemahasiswaan (Direktorat Kemahasiswaan) sebagai unit pengelola yang langsung berhubungan dengan mahasiswa baik dalam kegiatan pengelolaan UKM, maupun peningkatan prestasi mahasiswa sehingga minat, bakat dan potensi mahasiswa sudah terpetakan untuk mendukung program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.
  7. Unit penjaminan mutu (Lembaga Penjaminan Mutu) yang melakukan dan atau memantau proses Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) untuk keberlangsungan dan keberlanjutan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

about-greenforet-img

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Program MBKM

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

read more

Berita terbaru

upcoming-events-img-1

18

Nov

Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Ramah Tamah dan Penandatanganan MoA antara Fakultas Pertanian (FAFERTA) UNIDA Bogor dengan FAPERTA Universitas Asahan (UNA) Sumatera Utara yang digelar…

Selengkapnya
upcoming-events-img-1

11

Nov

Dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor adakan berbagai perlombaan tingkat nasional, Rabu (10/11/2021). Perlombaan yang diselenggarakan diantaranya lomba cerdas cermat,…

Selengkapnya
upcoming-events-img-1

26

Oct

Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan Penyambutan Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Dalam Negeri Angkatan I Tahun 2021 secara resmi di Aula Gedung C, Kampus UNIDA…

Selengkapnya
upcoming-events-img-1

22

Oct

Dalam rangka menyambut para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Tim Panitia PMM UNIDA…

Selengkapnya
upcoming-events-img-1

02

Oct

Webinar yang diselenggarakan tanggal 2 Oktober 2021 ini merupakan bagian dari kegiatan MBKM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ristekdikti) Republik Indonesia khususnya kegiatan…

Selengkapnya
upcoming-events-img-1

17

Sep

UNIDA Bogor Lepas Sambut Mahasiswa Peserta Program PMM Tahun 2021

  • 11:16
  • Merdeka Belajar Universitas Djuanda

Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR) menyelenggarakan kegiatan Pelepasan dan Penyambutan Mahasiswa Baru dalam rangka program Pertukaran Mahasiswa Merdeka…

Selengkapnya