Berdasarkan hasil olah data Kuesioner PBM pada Semester Ganjil 2018-2019 dan hasil analisis kinerja dosen dalam PBM sebagai berikut:
- Pada tingkat Universitas, hasil olahan data menunjukkan bahwa secara umum tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM yang dilakukan dosen-dosen Universitas pada semester Ganjil 2018-2019 termasuk dalam kategori “SANGAT BAIK”, dengan rata-rata nilai skor 4,54 (Lampiran-1), skor ini meningkat 1,56% dibandingkan dengan Semester Genap TA 2017/2018 yakni 4,47.
- Penilaian di tingkat Fakultas, dari 7 fakultas yang ada di UNIDA, lima (5) fakultas atau 71,42%, telah berada pada kriteria “SANGAT BAIK”, Dua (2) Fakultas lainnya, yaitu FKIP dan FEI atau sekitar 28,58?rada pada kriteria “BAIK.”
- Penilaian di tingkat prodi, dari 16 prodi yang ada di UNIDA, sepuluh (10) prodi atau 62,50%, telah berada pada kriteria ”SANGAT BAIK”, Sedangkan 6 prodi lainnya atau 37,50?rada pada kriteria “BAIK”. Secara umum tidak ada prodi yang berada pada kategori “KURANG BAIK”
- Hasil penilaian PBM pada tingkat program studi menunjukkan bahwa 59,62% dosen berada pada kriteria “SANGAT BAIK”, 40,38% pada kriteria “BAIK” , 0% atau tidak ada dosen yang berada pada kriteria “KURANG BAIK” dan 0% atau tidak ada dosen yang berapa pada kriteria “SANGAT KURANG BAIK”.
- Penilaian berdasarkan aspek yang dinilai menunjukan bahwa secara keseluruhan, dari 13 aspek yang dianalisis, terdapat 9 aspek (61,53%) berada dalam kategori “SANGAT BAIK,.“ dan aspek yang berada pada kategori “BAIK” ada 3 aspek (23,08%). Masih terdapat 1 aspek yang masih menjadi catatan untuk ditingkatkan, yakni aspek pengembalian berkas hasil ujian, kuis, tugas kepada mahasiswa.
No. |
Aspek |
Rataan |
Kriteria |
|
1. |
Penyampaian SAP, sistem evaluasi dan buku referensi pada pertemuan pertama |
4,65 |
SB |
|
2. |
Dalam melaksanakan perkuliahan dosen memberikan bahan ajar |
4,17 |
B |
|
3. |
Tugas yang diberikan dosen selama perkuliahan relevan dengan materi kuliah |
4,62 |
SB |
|
Rataan Bidang Aspek: Materi Kuliah |
4,48 |
B |
||
4. |
Materi kuliah yang disampaikan dosen sesuai dengan SAP |
4,77 |
SB |
|
5. |
Keterkaitan antar materi kuliah yang diberikan selama perkuliahan |
4,71 |
SB |
|
6. |
Tanggapan dosen atas pertanyaan yang diberikan mahasiswa |
4,63 |
SB |
|
7. |
Materi kuliah yang disampaikan dosen dalam memotivasi mahasiswa untuk belajar |
4,65 |
SB |
|
Rataan Bidang Aspek: Penyampaian Materi Kuliah |
4,69 |
SB |
||
8. |
Penyampaian pesan-pesan moral keagamaan dari dosen |
4,50 |
B |
|
9. |
Kesesuaian antara pelaksanaan dengan jadwal perkuliahan |
4,60 |
SB |
|
10. |
Media yang digunakan dosen dalam melaksanakan pembelajaran |
4,41 |
B |
|
Rataan Bidang Aspek: Pengelolaan Kelas |
4,50 |
SB |
||
11. |
Sikap dosen dalam menghadapi kesulitan dan kritikan mahasiswa |
4,82 |
SB |
|
12. |
Kesesuaian materi ujian (UTS/UAS) dengan materi yang diajarkan |
4,76 |
SB |
|
13. |
Pengembalian berkas hasil ujian, kuis dan tugas kepada mahasiswa |
3,88 |
C |
|
Rataan Bidang Aspek: Evaluasi Pengajaran |
4,49 |
B |
||
Rataan Skor PBM tiap Prodi Per Bidang Aspek |
4,54 |
SB |
||
Kriteria |
SB |
|
||
Rataan Skor PBM tiap Prodi Per Aspek |
4,54 |
SB |
||
Kriteria |
SB |
|