Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0

Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0

Blog Single

Rabu 21 Agustus 2019, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Djuanda Bogor telah melaksanakan sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 di lingkungan Universitas Djuanda Bogor yang bertempat di ruang kelas Pascasarjana lantai 1 gedung A.

sosialisasi ini dihadiri oleh para pimpinan fakultas dan program studi di lingkungan Universitas Djuanda Bogor yaitu para dekan, wakil dekan, kaprodi dan sekprodi baik dari program studi sarjana maupun pascasarjana.

Rektor Universitas Djuanda Dr. Ir. Dede Kardaya.,M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa  Akreditasi bukan lagi sebuah kewajiban yang harus dijalankan, namun akreditasi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilaksanakan oleh setiap Universitas guna meningkatkan kualitas pembelajaran ataupun pelayanan dalam setiap proses di ranah program studi khususnya.

Direktur LPM Arti Yusdiarti, SP., MM dalam pemaparannya menjelaskan perubahan paradigma akreditasi program studi dimana sebelumnya bobot terbesar ada di input dan proses maka pada instrumen akreditasi sekarang lebih berfokus pada output dan outcome, beliau juga menyatakan bahwa persiapan akreditasi baik pembuatan laporan evaluasi diri dan pembuatan dokumennya harus dilaksanakan setiap tahun sehingga tercipta budaya mutu yang baik di lingkungan program studi.

Acara sosialisasi ini dilanjutkan dengan bimbingan teknis pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) oleh Direktur LPM dan Kabid SPME.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar program studi yang ada di Universitas Djuanda Bogor mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan menjelang proses akreditasi dengan menggunakan instrumen yang baru ini sehingga dalam pelaksanaannya prodi semakin meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan pendidikan agar menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi.

Related Posts: