Magister Administrasi Publik

Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda

VISI "Menjadi program studi yang berkompeten dan profesional di bidang administrasi publik berbasis riset berlandaskan tauhid dan diakui dunia".

MISI "Menyelenggarakan Pancadarma di Program Studi MAP yang menghasilkan magister administrasi publik yang kompeten dan profesional sesuai paradigma New Public Service dengan tetap memperhatikan kesetaraan pada domain pemerintah, dunia usaha dan masyarakat sipil menuju good governance berlandaskan tauhid serta menjadi rahmatan lil’alamin".

Kurikulum Magister Administrasi Publik:

No. Sandi Mata Kuliah Bobot (SKS) Ket.
Semester I  
1 MAP515 Teori Ilmu Administrasi Publik 3  
2 MAP516 Filsafat Ilmu 3  
3 MAP517 Metodologi Penelitian Administrasi 3  
4 MAP518 Teori-Teori Sosial 3  
5   Mata Kuliah Pilihan I 3  
   
Semester II  
5. MAP531 Perubahan dan Budaya Organisasi Publik 3  
6. MAP536 Managemen Sumber Daya Manusia Aparatur 3  
7. MAP537 Managemen Kinerja Pembangunan Daerah 3  
8. MAP538 Managemen Pembangunan Daerah 3  
9. MAP539 Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Daerah 3  
10.   Mata Kuliah Pilihan II 3  
   
Semester III  
12. UDU530 Kolokium (Proposal Tesis) 1  
13, UDU540 Seminar Hasil Penelitian 1  
14. UDU550 Karya Ilmiah 2  
         
Semester IV
15. UDU560 Tesis 6  
     
Jumlah : 43  
         
Mata Kuliah Pilihan
  MAP521 Public Sektor Governance* 3  
  MAP522 Ekonomi Politik Pembangunan * 3  
  MAP525 Manajemen Pelayanan Publik* 3  
  MAP526 Innovative Government* 3  

 

Adapun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Magister Administrasi Publik yaitu:

CAPAIAN PEMBELAJARAN

KODE

INDIKATOR SIKAP

 

Bertakwa kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S1

Menjunjung       tinggi    nilai kemanusiaan dalam menjalankan     tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S2

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta 21 karakter ketauhidan Universitas Djuanda;

S3

Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S4

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang  lain

S5

Berkontribusi     dalam   peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

S6

Bekerja sama    dan memiliki      kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum       dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S8

Menginternalisasi semangat       kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10

Menginternalisasi sikap profesionalitas dan integritas

S11

INDIKATOR PENGETAHUAN

 

Menguasai teori administrasi dan reformasi administrasi, organisasi, governansi        publik, inovatif governance, manajemen sektor publik, manajemen sumberdaya manusia dan  Manajemen pelayanan publik

P1

Menguasai pendekatan berpikir sistem

P2

Menguasai        teori-teori pembangunan, teori-teori sosial, dan teori ekonomi politik

P3

Menguasai teori manajemen perubahan, manajemen strategik dan manajemen kinerja

P4

Menguasai metode-metode dan instrumen dalam perspektif governansi publik

P5

Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi

P6

Menguasai kemampuan merancang dan menganalisis serta memiliki keterampilan menerapkan ilmu adminitrasi bidang kajian utama (konsentrasi) Administrasi Pemerintahan Daerah, baik meliputi dasar-dasar, prinsip-prinsip, konsep-konsep, metode-metode pendekatan, maupun teknik-teknik analisis manajemen aplikatif sehingga dapat berkontribusi pada pengelolaan pemerintahan daerah yang lebih efektif dan efisien.

P7

Menguasai kemampuan merancang dan menganalisis serta memiliki keterampilan menerapkan ilmu adminitrasi bidang kajian utama (konsentrasi) kebijakan publik baik meliputi dasar-dasar, prinsip-prinsip, konsep-konsep, metode-metode pendekatan, maupun teknik-teknik analisis kebijakan yang handal sehingga mampu melakukan penelitian dan memahami proses perkembangan ilmu administrasi publik.

P7

INDIKATOR KETERAMPILAN KHUSUS

 

Mampu mengembangkan           (merekonstruksi) model,            strategi, atau inovasi dalam   bidang administrasi Pemerintahan Daerah, Managemen Kinerja Pembangunan Daerah, Managemen  Pembangunan Daerah, Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

KK1

Mampu menyusun         rencana perubahan secara individu atau kelompok dengan menggunakan pendekatan         participatory      impact  analysis untuk    menyelesaikan masalah-masalah publik seperti   pelayanan publik            dan administrasi pembangunan dalam   bentuk dokumen rencana proyek perubahan (project plan document)

KK2

Mampu menyusun         rencana penelitian          dan melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik            dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif,        atau kombinasi.

KK3

Mampu merancang disain proyek, memimpin dan menatakelola sebuah kegiatan (proyek)

KK4

Mampu memanage sumberdaya manusia, khususnya dalam praktek tata kelola sumberdaya aparatur pemerintah daerah

KK5

Mampu menganalisi masalah-masalah empirical dalam bidang: administrasi dan perencanaan pembangunan, manajemen strategis sektor Publik, sistem informasi manajemen, manajemen pelayanan Publik, yang berdasarkan prinsip-prinsip Good University Governance (GUG) dalam kehidupan kampus yang bertauhid

KK6

Mampu melakukan perubahan dan budaya organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi dan manajemen dalam rangka mendukung terwujudnya responsibiltas, akuntanbilitas, dan efektivitas serta efisiensi organisasi

KK7

Mampu menganalisis situasi ekonomi politik pembangunan baik melalui pendekatan budaya, agama maupun manajemen dalam  memecahkan berbagai masalah pembangunan bangsa dan negara

KK8

Mampu mengembangkan (merekonstruksi) model,          strategi, atau inovasi dalam   bidang kebijakan publik dan      governansi publik dengan berbagai pendekatan       antara   lain pendekatan legal, manajerial, dan     atau politik, di semua tingkat pemerintahan.

KK9

Mampu memformulasikan          alternatif kebijakan publik berdasarkan prinsip-prinsip   tata kelola pemerintahan yang baik dengan menggunakan berbagai metode, antara lain scenario planning atau dynamic system.

KK10

Mampu menyusun rencana strategi implementasi sebuah kebijakan publik jangka pendek (berupa program, kegiatan, dan rencana aksi).    

KK11

Mampu melakukan        evaluasi kebijakan publik berbasis teknologi informasi untuk mengetahui hasil (outcome) dan dampak dari sebuah kebijakan

KK12

INDIKATOR KETERAMPILAN UMUM

 

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, daya kreatifitas dan inovatif melalui penelitian ilmiah, dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora  dan ketauhidan sesuai dengan bidang keahliannya menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentai ilmiah atau yang setara.

KU1

Mampu melakukan        validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya       dalam menyelesaikan masalah di           masyarakat atau industri yang     relevan melalui pengembangan pengetahuan      dan keahliannya

KU2

Mampu menyusun ide, hasil       pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab        dan       berdasarkan      etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas, dalam dan luar negeri

KU3

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya            dan  memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin, yang menyatu dalam tauhid dan sesuai perkembangan global

KU4

Mampu mengambil        keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan          dan teknologi    yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental    terhadap informasi dan data

KU5

Mampu mengelola,        mengembangkan dan memelihara          jaringan kerja dengan kolega,  sejawat di  dalam         lembaga dan komunitas penelitian yang lebih         luas

KU6

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara     mandiri serta menguatkan jaringan relasi dengan dosen, kolega dan masyarakat umum baik secara internal/ekstenal di dalam dan luar negeri

KU7

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan            kembali data hasil penelitian      dalam   rangka menjamin keberlanjutan

KU8