Universitas Djuanda - Kampus Bertauhid
177 Mahasiswa UNIDA Lampaui Tes TOEFL - Universitas Djuanda

177 Mahasiswa UNIDA Lampaui Tes TOEFL

177 Mahasiswa UNIDA Lampaui Tes TOEFL
04/02/2019

Tak kurang dari 177 mahasiswa Universitas Dju­anda (Unida) Bogor belum lama ini mengikuti Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Prediction. Tes ini merupakan kerja sama antara pihak kampus dengan Institut International Affair.

Bertempat di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unida Bogor, ratusan mahasiswa semester awal tahun ajaran 2018–2019 serius menger­jakan soal yang diberikan petugas. Kegiatan tersebut juga dimentori Nurul Annisa Yuniarti dan Masnur Mukmin.

Pengampu Mata Kuliah Praktikum Bahasa Inggris Unida, Tursina Mar­tiani, memaparkan, tes ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah praktikum Bahasa Inggris. “Ini meru­pakan tes yang harus dilalui maha­siswa. Mereka sangat antusias menger­jakan soal yang kami berikan,” beber­nya.

Saat disinggung soal standar nilai TOEFL, Tursina memaparkan, pihaknya tidak memiliki standar khusus peni­laian. Bukan tanpa alasan, nilai yang didapatkan peserta tes ditentukan dengan cara digabungkan (komulatif ) dengan tugas yang lain.

“Ini bukan tugas satu-satunya, ini salah satunya. Jadi, tidak ada standa­risasi nilai khusus, karena masing-masing mahasiswa punya nilai yang berbeda-beda. Hasilnya akan diga­bungkan dan nanti baru ketahuan,” imbuhnya.

Meski nilai TOEFL seorang peserta bagus, sambung dia, tak menutup kemungkinan nilainya tetap rendah jika tugas yang lain memiliki nilai ku­rang bagus. Ia berharap tes ini bisa memberikan pengalaman dan me­macu mahasiswa untuk mengasah kembali kemampuan Bahasa Inggris­nya.

(Harian Metro)

Copyright © 2019 Universitas Djuanda
All Right Reserved