Universitas Djuanda (Bogor) gelar Seminar Karir dan Pembekalan Alumni dengan tema "Persiapkan Dirimu Persiapkan Karirmu" yang berlangsung di Gedung C Universitas Djuanda Bogor (6/11). Kegiatan tersebut diisi oleh Steven Gouw selaku Co-Founder & CEO Nusatalent dan dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan UNIDA, Ir. Nur Rochman, M.Si. beserta jajaran.

Acara seminar ini dilaksanakan guna membekali mahasiswa yang akan diwisuda dalam Wisuda ke-40 Universitas Djuanda Bogor dan agar para calon wisudawan paham dan bertambah wawasannya mengenai dunia kerja yang sesungguhnya dimana digital berperan penting di dalamnya.

Direktur Kemahasiswaan, Ir. Nur Rochman, M.Si. menyampaikan dalam sambutannya bahwa kagiatanya ini diselenggarakan bertujuan agar mahasiswa UNIDA yang akan diwisuda nanti siap menghadapi dunia kerja dan bisa mencari peluang.

"Selamat bagi mahasiswa yang akan diwisuda nanti, dan setelah lulus nanti calon wisudawan diharapkan mampu tetap berintegritas dengan alumni lainnya dan menyandang gelar alumni Universitas Djuanda dan saling bahu-membahu antar alumni. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan agar calon wisudawan nanti mampu mencari peluang baik itu dalam dunia kerja maupun dalam dunia usaha serta terus berusaha menggapai impian dan tidak pernah menyerah dalam menggapainnya sehingga nantinya menjadi alumni yang baik untuk dicontoh oleh mahasiswa lainnya," tuturnya.

Mahasiswa yang akan diwisuda nanti harus mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja, baik dalam pembuatan lamaran yang sesuai dengan perkembangan zaman, paham bagaimana interview di dunia kerja dan bagaimana sosial media berperan penting dalam dunia kerja yang sekarang ini serba digital. Seperti yang disampaikan oleh Steven Gouw selaku narasumber.

"Mahasiswa yang khususnya akan diwisuda dan menjadi alumni harus paham mengenai sistem dunia kerja di era digital ini dan harus mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Dalam menghadapi dunia kerja tentunya kita harus paham apa saja yang harus dipersiapkan agar perusahaan dapat menerima kita, seperti lamaran dan CV yang dikemas semanarik mungkin agar perusahaan tertarik dengan kita dan bagaimana kita mempersiapkan diri kita dalam tahap interview nanti seperti bahasa, body language, pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan dan belajar cara menjawab pertanyaan dari HRD perusahaan dengan baik dan benar. Serta di zaman ini kita harus membangun personal branding dalam sosial media baik itu facebook, twitter maupun instagram karena di era digital ini peran sosial media sangat penting bagi HRD di perusahaan-perusahaan dalam melakukan seleksi calon pegawainya, maka oleh karena itu kita harus mampu membangun personal branding yang baik di sosial media," tutur Steven Gouw dalam penyampaian materinya. _FAI_