Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pembekalan Sesi-5 dan Simulasi ke-2 Tim Peradilan Semu dengan tema “Gugatan Sederhana Ekonomi Syariah” secara hybrid yaitu daring menggunakan Zoom Cloud Meetings dan luring di Aula Alumni FH UNIDA Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat (11/12). Pembekalan tersebut diisi oleh Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A, Agus Yuspiain, S.Ag., MH. dan turut dihadiri oleh Dekan FG UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH, Wakil Dekan I FH UNIDA Bogor, Dr. Nurwati, SH., MH, Wakil Dekan II sekaligus Ketua Tim Task Force FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH dan diikuti oleh Mahasiswa Tim Peradilan Semu FH UNIDA Bogor. Kegiatan pembekalan tersebut merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) FH UNIDA Bogor.

Dekan FH UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa diharapkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini serius dalam memanfaatkan kesempatan ini dan selalu semangat untuk selalu berprestasi terutama dalam bidang pengadilan semu.

"Diharapkan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan agenda ini selalu dalam lindungan Allah sampai dengan selesai nanti. Mahasiswa harus memberikan yang terbaik dalam kegiatan ini untuk dimanfaatkan sebagai ajang memperdalam ilmu pengadilan langsung dari narasumber langsung dari Pengadilan Bogor. PKKM ini bertujuan juga untuk meningkatkan prestasi khususnya prestasi FH UNIDA Bogor sehingga dapat memberikan dampak yang positif untuk prestasi universitas yang alhamdulillah UNIDA Bogor mendapatkan rangking ke- dalam pemeringkatan prestasiprestasi dan mahasiswa FH UNIDA Bogor diharapkan dapat memberikan yang terbaik bagi UNIDA Bogor dan FH UNIDA Bogor," tutur Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH.

Wakil Dekan II sekaligus Ketua Tim Task Force FH UNIDA Bogor, Ani Yumarni, S.H.I., MH dalam paparan sambutannya menyampaikan terima kasih kepada narasumber atas kesediannya mengisi materi di kegiatan Pembekalan Sesi-5 dan Simulasi ke-2 Peradilan Semu. Dan terima kasih juga kepada semua pihak yang terkait dengan PKKM FH UNIDA Bogor yang diantaranya Kemendikbudristek, pimpinan universitas baik bantuan materiil maupun non materiil serta terima kasih kepada pihak Pengadilan Agama Bogor yang menjadi mitra FH UNIDA Bogor. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mencetak kader-kader pengadilan.

Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A, Agus Yuspiain, S.Ag., MH. dalam pemaparan materinya tentang Gugatan Sederhana Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama menyatakan bahwa persidangan gugatan sederhana merupakan produk terbaru dari Pengadilan Agama yang dimana ada juga persidangan E-Court di Pengadilan Agama yang dimana tertera pada Perma No. 1 Tahun 2019 yang dimana pemanggilan pada pada kasusnya pemangilannya secara elektronik atau melalui e-mail, persidangan pertama pada E-Court ini dengan agenda upaya damai atau mediasi, lalu E-Litigasi yang mencakup tahap jawab-menjawab, replik, duplik, pembuktian, kesimpulan dan putusan serta ketentuan E-Litigasi yang dimana persidangan untuk klarifikasi menggunakan E-Court dan menyusun Court Calender antar pengacara.

“Adapun tahap pada persidangan gugatan sederhana diantaranya yaitu pertimbangan majelis atau putusan, tahap kedua yaitu pembuktian yang dibuktikan secara tertulis dan saksi dari penggugat dan tergugat serta keseimpulan, tahap ketiga yaitu jawab menjawab baik itu jawaban, replik dan dupik, tahapan keempat yaitu tahap perdamaian yang dimana para pihak untuk menempuh mediasi sesuai dengan pasal 7 ayat dan pasal 11 ayat (1) Perma No.1 Tahun 2008. Agar lebih jelas setelah penyampaian materi kita akan praktek langsung di Mootcourt FH UNIDA Bogor perihal pengadilan gugatan sederhana,” tutur Agus Yuspiain, S.Ag., MH.

Setelah pembekalan materi dilanjutkan dengan pembekalan praktik secara langsung di Mootcourt FH UNIDA Bogor mengenai tata cara pelaksanaan pengadilan sederhana.