Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab mahasiswa yang merupakan agent of change, melalui pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melaksanakan kegiatan bertajuk “FISIP Mengabdi” di SDN Cikoneng, Kampung Cikoneng,  Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada 27 September 2021 – 1 Oktober 2021.

Yuri Ayu, selaku Ketua Pelaksana kegiatan FISIP Mengabdi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini selain mengimplementasikan salah satu tridarma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat, juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian dari Keluarga Mahasiswa FISIP UNIDA Bogor yang memiliki misi membantu pendidikan anak-anak di wilayah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal).

“Pertama-tama saya ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat berkumpul di tempat yang indah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Rudi selaku tokoh masyarakat Desa Cikoneng, Bapak Kepala Sekolah SDN Cikoneng serta guru guru sekalian, yang telah memperkenankan kami mengadakan kegiatan FISIP Mengabdi, yaitu mengajar anak-anak selama kurang lebih 1 minggu. Walaupun terbilang cukup sedikit waktu mengajar kami, semoga dapat tercapai segala tujuan bersama, serta semoga kegiatan ini dapat menjadi gerbang pembuka silaturahmi antara mahasiswa Universitas Djuanda khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,” tuturnya.

Yuri Ayu menyebutkan, kegiatan FISIP Mengabdi dilaksanakan selama 4  hari mengajar dengan jadwal rutin yaitu di hari pertama pada pukul 07.30-09.30 WIB mengajar untuk kelas 1,2, dan 3. Kemudian pada hari kedua, pukul 07.30-11.30 WIB mengajar untuk kelas 4,5, dan 6. Lalu pada hari ketiga dari mulai pukul 13.00-14.00 WIB kegiatan fun learning, seperti mengajarkan etika melalui dongeng, calistung, Bahasa Inggris, mengulas pelajaran di pagi hari, dan juga bernyanyi.

Sementara itu di hari terakhir, mulai pada pukul 07.30-10.30 WIB yang dilanjut pukul 13.00-14.30 WIB diisi dengan fun games sekaligus perpisahan dengan siswa-siswi dan guru-guru di SDN Cikoneng.

Salah satu tokoh masyarakat pejuang pendidikan di Kampung Cikoneng, Rudi, menanggapi positif kegiatan ini. Rudi menyampaikan, kegiatan yang terlaksana merupakan hal baik yang perlu dilakukan oleh mahasiswa dengan selalu peduli pada masyarakat yang membutuhkan. Mahasiswa dituntut harus dapat mendorong dan membantu, berinovasi serta mengabdi untuk tercapainya kesejahteraan sosial yang merata.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Anak-anak terlihat sangat senang dengan kedatangan kakak-kakak,tetapi juga mereka menangis ketika kakak nya mereka harus pergi kembali menuntut ilmu. Itu berarti kedatangan kalian sangat berarti bagi anak-anak,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BEM FISIP UNIDA Bogor M. Rivky Abduloh berharap apa yang dilakukan menjadi ladang amal ibadah serta dapat memberikan dampak baik secara langsung ataupun tidak langsung bagi mahasiswa dan warga Kampung Cikoneng.

“Harapannya dengan ada nya kegiatan ini dapat menyadarkan rasa  kepedulian kita sesama mahkluk sosial khususnya untuk mahasiswa FISIP itu sendiri dan umumnya untuk masyarakat, karena dengan mengawali pasti akan ada yang kedua, ketiga dan seterusnya sehingga menjadi terbiasa dan tentunya menumbuhkan jiwa-jiwa kepedulian sosial,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua BEM FISIP UNIDA Bogor Hasna Nurraini mengungkapkan bahwasanya sebaik-baiknya manusia ialah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Maka, sudah menjadi kewajiban bagi para insan hamba-Nya untuk saling berbagi dalam kebaikan.

“Satu minggu yang sangat terasa singkat. Secara tidak langsung kami disadarkan oleh mereka bahwa ilmu sekecil apapun bisa berguna bagi orang banyak. Harapan kami untuk Siswa-siswi SDN Cikoneng semoga ilmu yang telah diberikan dapat selalu melekat. Untuk teman-teman FISIP, mari kita menjadi manusia yang lebih berguna bagi banyak orang,” tukasnya.