Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melakukan Serah Terima Mahasiswa Magang Program Studi Administrasi Publik dalam rangka implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut dihadiri Dekan FISIP, Denny Hernawan, Drs, MA, beserta jajarannya, dan diterima oleh Plt. Kepala DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Kerjasama Inovasi Pelayanan, Ibu Awit Wulandari, S.Sos, MM, didampingi Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian, Endang dan Staf Subbagian Umum dan Kepegawaian, Udin. Dari jajaran FISIP hadir Wakil Dekan I, Irma Purnamasari, S.Sos, M.Si, Wakil Dekan II, Ike Atikah Ratnamulyani, S.Sos, MM, M.Si, Wakil Dekan III, G. Goris Seran, Drs, M.Si, dan Sekretaris Program Studi Administrasi Publik, Neng Virly Apriliyani, S.Sos, M.AP. 

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UNIDA, Denny Hernawan, Drs, MA, menegaskan bahwa MBKM dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dalam rangka link and match praktik kerja penyiapan dan pembentukan kompetensi dan kapasitas mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Lebih lanjut dikemukakan bahwa penyelenggaraan magang/praktik kerja mahasiswa tersebut ditempuh selama satu semester, mulai 15 Maret dan akan berakhir pada 15 Agustus 2021.

“Magang MKBKM ini diikuti oleh 10 mahasiswa Semester VI Program Studi Administrasi Publik. Magang MBKM ini pun diselenggarakan berkat kerjasama (Memorandum of Agreement/MoA) yang sudah disepakati antara FISIP UNIDA dan DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor tahun 2020 lalu,” ungkap Denny Hernawan, Drs., MA.

Kepala Seksi Kerjasama Inovasi Pelayanan, Awit Wulandari, S.Sos, MM, mengatakan bahwa tugas pokok dan fungsi DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor berkaitan dengan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

“Magang mahasiswa difokuskan terkait pelayanan publik. Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam magang ini, mahasiswa sehari-hari akan mengikuti pelayanan-pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang diselenggarakan oleh DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor, baik yang diselenggarakan di Kantor DISDUKCAPIL, yang tersebar di tujuh UPT, maupun yang ada di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM),” tutur Awit Wulandari, S.Sos, MM.

Wakil Dekan I FISIP UNIDA Bogor, Irma Purnamasari, S.Sos. dalam pemaparan dalam sesi wawancara menyatakan bahwa tujuan dari diadakannya Magang MBKM ini yaitu yang pertama memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa melalui pembelajaran langsung di tempat kerja atau tempat magang (experiential learning), kedua yaitu meningkatkan kemampuan soft skills khususnya dalam hal computational thinking, critical thinking, kreativitas, kerjasama tim, dan kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan hard skill mahasiswa yang sesuai dengan kompetensi program studi di tempat magang.

“Magang MBKM di DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor ini diikuti oleh 10 mahasiswa dari semester 6. Dan pesan serta harapan saya untuk mahasiswa yang magang di DISDUKCAPIL harapannya  mahasiswa dapat mengenal  proses interaksi kerja antara mahasiswa dan pegawai di DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor dari berbagai level untuk meningkatkan kemampuan interpersonal mahasiswa, dan memahami penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di kampus pada institusi atau instansi, untuk FISIP harapannya mendapatkan umpan balik untuk menyempurnakan kurikulum Program Studi Administrasi Publik yang sesuai dengan kebutuhan user (instansi pemerintah Daerah) serta meningkatkan kerjasama antara FISIP UNIDA Bogor dengan Pemerintah Daerah,” pungkas Irma Purnamasari, S.Sos., M.Si.