Memasuki hari ke-20 pelaksanaan ibadah puasa ramadhan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi bulan yang penuh berkah ini. Bulan ramadhan menjadi momentum untuk berbagi kebaikan. Seperti halnya yang dilakuan oleh Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Djuanda Bogor (MAPALA Djuanda) yang mengadakan Bakti sosial. Kegiatan yang diberi tajuk “Berbagi Sesama Menciptakan Generasi Cilik yang Penuh dengan Cahaya Islami” ini bertempat di Lobby Gedung E pada Sabtu (25/5).

Ketua Umum Mapala Djuanda, Saepudin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Mapala Djuanda sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sendiri bukan kali pertama dilakukan, melainkan agenda baksos sudah menjadi agenda tahunan rutin sebagai bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat dari kami,” ujarnya.

Senada dengan Saepudin, Doni Ramdhani Ali selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan ini selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini bertujuan sebagai perekat tali silaturahmi antar anggota Mapala Djuanda dan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

“Kegiatan ini terlaksana karena memang sudah seharusnya mahasiswa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Harapan kedepannya, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut yang mana rasa peduli terhadap sesama juga harus selalu ditingkatkan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada para donatur dan panitia DANUS yang selama bulan ramadhan ini berjualan menu buka puasa dan hasil penjualannya disalurkan untuk donasi anak yatim,” tuturnya.

Pada bakti sosial tahun ini, Mapala Djuanda tidak hanya menyelenggarakan buka bersama dan santunan anak yatim, namun juga diselenggarakan perlombaan da’i cilik untuk meningkatkan kemampuan generasi cilik dalam hal berpidato menyampaikan pesan dakwah.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan UNIDA Bogor Dr. Ir. Nur Rochman, MP. yang turut hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada Mapala Djuanda atas dilaksanakannya kegiatan-kegiatan sosial yang memberikan dampak positif.

“Apresiasi besar saya sampaikan kepada Mapala Djuanda yang selalu tanpa bosan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif. Saya berharap selain menyantuni anak yatim di sekitar kampus juga dapat sekaligus memberikan edukasi kepada anak- anak tentang menjaga alam dan lingkungan.

Acara ini turut dihadiri oleh Pembina dan Anggota Luar Biasa Mapala Djuanda, perwakilan organisasi mahasiswa serta para tamu undangan.