Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) laksanakan kunjungan studi kelembagaan sebagai penjajakan awal kerjasama dengan Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor (14/3). Kunjungan UNTAG ini merupakan kunjungan awal yang dilakukan sebagai bentuk kolaborasi yang nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kerjasama dalam bidang pelaksanaan Tri darma Perguruan Tinggi, kegiatan Kunjungan kelembagaan ini merupakan hasil penjajakan awal dari dari Program Studi Magister Administrasi Publik UNTAG dengan Sekolah Pascasarjana UNIDA program studi Magister Administrasi Publik.

 Dr. Rita Rahmawati, Dra., M.Si selaku Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA menyampaikan harapannya melalui silaturahmi ini semoga dapat menjalin kerjasama yang tentunya bermanfaat untuk kita semua.

“Dalam kunjungan studi kelembagaan ini diharapkan menjadi sebuah kolaborasi dan sinergisitas yang baik untuk kedepannya, sehingga kita bisa saling mengisi demi peningkatan kompetensi serta kualitas pembelajaran baik bagi UNIDA dan juga UNTAG,”.

Dalam sambutannya juga Dr. Rita Rahmawati, Dra., M.Si memberikan penjelasan tentang keistimewaan UNIDA Bogor sebagai Kampus Bertauhid yang melaksanakan segala bentuk kegiatan dikampus berdasarkan adab-adab kehidupan kampus bertauhid.

“UNIDA Bogor masuk ke dalam 100 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia tepatnya peringkat ke-60 dari 2141 Perguruan Tinggi Swasta dan negeri (Non Vokasi) versi Kemenristekdikti pada tahun 2019, dalam pelaksanaan pembelajaran serta pergaulan di UNIDA Bogor, kami menjalankan syariat islam secara maksimal, kami memiliki 21 karakter Tauhid yang senantiasa di amalkan dalam kehidupan pergaulan sehari-hari dikampus. Magister Administrasi Publik UNIDA di dirikan sejak 2015 dan sudah memiliki Akreditasi B, dan akan terus kami lakukan peningkatan kualitas dengan target akreditasi A dalam waktu dekat ini,” tambahnya.

Dalam kunjungan keluarga besar UNTAG ini terdiri dari Drs. Bambang Agus Windu Sancono, MA selaku Wakil dekan 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNTAG. Dr. Karmanis, Dra., M.Si selaku Kepala Program Studi Magister Administrasi Publik. Dr. Tri Lestari Hadiati, Dra., M.Si selaku dosen pendamping. Drs. Nur Salim, M.Si selaku Dosen Pendamping dan Mahasiswa Magister Administrasi Publik UNTAG.

Drs. Bambang Agus Windu Sancono, MA selaku Wakil dekan 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNTAG menyampaikan harapan serta ucapan terima kasihnya atas sambutan yang penuh keakraban dan kekeluargaan dari UNIDA Bogor.

“Mewakili Rektor UNTAG kami ucapkan Terima atas penyambutan yang telah dilakukan oleh UNIDA Bogor kepada kami dan rombongan  dengan penuh kekeluargaan dan keakraban. Kami berharap bahwa pertemuan ini merupakan awal dari jalinan kerjasama kita dan bisa ditindak lanjuti dengan penandatanganan nota kerjasama sebagai bentuk  peningkatan kualitas bersama dan tentunya merupakan penambah point dalam akreditasi,” pungkasnya.

Kedatangan keluarga besar UNTAG langsung disambut oleh Rektor UNIDA Bogor beserta jajarannya. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si selaku Rektor UNIDA Bogor mengucapkan selamat datang serta memperkenalkan UNIDA Bogor, dalam pemaparan perkenalan UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya menjelaskan Visi dan Misi serta Pancadarma UNIDA Bogor sebagai upaya dalam pencapaian cita-cita UNIDA Bogor di tahun 2035 Menjadi Entrepreneurial University.

“Visi UNIDA Bogor yaitu Menjadi Universitas Riset yang menyatu dalam Tauhid dan di akui dunia, budaya awal UNIDA Bogor adalah mengenal lebih jauh serta selalu mengangkat Visi dan Misi, karena apabila kita belum sepenuhnya paham atau mengetahui Visi dan Misi, maka tidak akan bisa mencapai cita-cita kita. Di UNIDA Bogor terdapat kebijakan setiap dosen wajib setiap tahun mempublikasikan karya ilmiahnya, hal ini bertujuan agar setiap penelitian yang dilakukan mampu di hilirisasi menjadi sebuah pembelajaran yang mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. UNIDA Bogor memiliki Pancadarma yang harus di jalankan, yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Profesionalitas, dan Ketauhidan. UNIDA Bogor Bercita-cita Menjadi Entrepreneurial University di tahun 2035, cita-cita tersebut bisa dicapai dengan cara kita sudah mulai melakukan berbagai program inovasi dan pengembangan entrepreneur baik mahasiswa ataupun dosen,” ujar Rektor UNIDA dalam sambutan.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog bersama mahasiswa dan dialog interaktif membahas seputar bentuk kerjasama pelaksanaan Tri darma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pelaksanaan seminar nasional, peningkatan kualitas kelembagaan, serta bentuk kerjasama lainnya yang dapat di sinergiskan. _FTR_