Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor gelar SP2020 Goes to Campus yang bertempat di Aula Gedung C Universitas Djuanda Bogor (5/12). Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III UNIDA, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M. Si. dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA Bogor beserta jajaran serta Kepala BPS Kabupaten Bogor, Sarwono, S. Si., MM. beserta jajaran.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi mengenai Sensus Penduduk yang akan dilaksanalan di tahun 2020. Dengan dilaksanakan di universitas bertujuan agar mahasiswa nantinya mengsosialisasikan kembali sampai lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga. Seperti yang disampailan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Drs. Denny Hernawan, M.Si. dalam sambutannya.

" Acara ini patut kita sambut dengan baik karena data ini sangat penting dan banyak manfaatnya. Tujuan dari acara ini mahasiswa dapat mengsosoalisasikan lagi di lingkungan masyarakat bahkan lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga sehingga dapat memberikan kontribusi untuk kesuksesan sensus penduduk nasional 2020," tuturnya.

Data sensus nanti menjadi sangat penting karena akan menjadi rujukan bagi peneliti, pemerintah dan civitas akademi dan sensus kali ini berbeda dari sebelumnya karena pelaksanaannya secara online. Seperti yang disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Bogor, Sarwono, S.Si., MM.

"Sensus ini nantinya akan menghasilkan data, data yang dihasilkan akan menjadi rujukan para peneliti, pemerintah juga civitas akademika. Tahun depan Indonesia akan melaksanakan sensus ke-7 tahun 2020 dan berbeda dengan sensus sebelumnya karena Sensus Penduduk tahun 2020 nanti pelaksanaanya secara online dan mandiri sehingga bisa langsung di gadget, komputer dan laptop. Dan diharapkan dari kaum milenial inilah dapat mengsukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 yang dalam pelaksanaannya secara online," ungkap Sarwono, S.Si., MM.

Wakil Rektor III UNIDA, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si. menyampaikan bahwa sebagai insan akademika sudah sewajibnya mendukung dan berperan aktif dalam Sensus Penduduk 2020 nanti dan mendukung segala program yang dilakukan pemerintah.

“Selamat mengikuti sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020 dan perlu kita pahami sebagai insan akademika kita butuh dengan data dari BPS dalam penelitian. Diharapkan mahasiswa dapat ikut berperan aktif dalam mengsukseskan sensus 2020 nanti. UNIDA selalu mendukung program yang dilakukan pemerintah dalam membangun Negara kearah yang lebih baik termasuk sensus nanti dan dengan diselenggarakannya acara ini sudah semestinya mahasiswa jadi agen dalam sosialisasi sensus 2020 nanti,” pungkas Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si.

Selain Sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020, dalam acara ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kerjasama dalam hal penguatan kapasitas kelembagaan dan Tridarma Perguruan Tinggi antara UNIDA Bogor dan BPS Kabupaten Bogor. _FAI_