Para mahasiswa Delegasi Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor turut ikut serta hadir berpartisipasi dalam kegiatan Silaturahmi Administrasi Publik Jawa Barat (SIAP JABAR) Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual selama 3 hari, dari tanggal 10 sampai dengan 12 November 2021.

SIAP JABAR 2021 merupakan acara rutin yang diadakan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa Program Studi Administrasi Publik yang berada di daerah Jawa Barat. Kegiatan ini mengusung tema “Digitalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik dan Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN)”. Pada tahun ini, Universitas Katolik Parahyangan bertindak selaku tuan rumah.

Salah satu mahasiswa perwakilan dari Prodi AP FISIP UNIDA Bogor, Rasda arfiyanti,  menuturkan, tujuan diadakannya SIAP JABAR 2021 ialah untuk memfasilitasi mahasiswa Administrasi Publik di Jawa Barat dalam rangka memperdalam wacana ilmiah Administrasi Publik sebagai upaya memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan kondisi bangsa khususnya di daerah Jawa Barat. SIAP JABAR 2021 dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang mengasah pola pikir para mahasiswa Administrasi Publik mengenai banyak hal, khususnya terkait dengan isu-isu terkini.

“Berkaitan dengan tema, kami rasa sangat penting untuk dibahas dimana memang berbicara tentang 4.0 dunia seharusnya tersadarkan dengan teknologi yang sudah semakin canggih. Kita harus mempersiapkan dengan baik sumber daya manusia yang didasari pendidikan untuk menghadapi perkembangan tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rasda arfiyanti yang juga merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP) FISIP UNIDA Bogor menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut terdiri dari beberapa rangkaian acara. Pada hari pertama, diselenggarakan Seminar Nasional mengenai Digitalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik dan Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan Presentasi dan Diskusi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para delegasi dihasilkan dalam bentuk makalah penelitian dengan tema “Digitalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik dan Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN)” yang dipresentasikan dan didiskusikan bersama para ahli di bidang administrasi publik dan menghasilkan serangkaian rekomendasi yang akan disampaikan pada stakeholder pemerintah terkait.

Kemudian pada hari ketiga, diselenggarakan kegiatan Public Hearing dimana para delegasi SIAP JABAR 2021 membuat policy brief mengenai Digitalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik dan Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan mengangkat isu dan sebuah rekomendasi berupa alternatif kebijakan yang ditawarkan para delegasi kepada Bedi Budiman selaku Ketua Komisi 1 DPRD Jabar.

Kegiatan terakhir yang diselenggarakan yaitu Sidang Umum. Dalam sidang ini semua delegasi membahas tata tertib sidang umum, agenda sidang umum, evaluasi, rekomendasi kegiatan SIAP JABAR 2021, penentuan tema serta tuan rumah SIAP JABAR untuk tahun berikutnya.

“Acara ini membuat kami melek terhadap Era Digital dan itu adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Harapannya adalah semoga semua ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat dan bisa diaplikasikan dengan baik di kehidupan sehari-hari. Semoga SIAP JABAR terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya. Salam administrasi muda, Jaya,” tukasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh 12 Delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat. Selain UNIDA Bogor, perguruan tinggi lainnya antara lain UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Pasundan, Universitas Galuh, Universitas Katolik Parahyangan, Politeknik STIA LAN Bandung, STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Universitas Al-Ghifari, Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Swadaya Gunung Jati.