BANDUNG, DISDIK JABAR - Dewan Pendidikan Jawa Barat (Jabar) yang baru saja dikukuhkan oleh Gubernur Provinsi Jabar akan segera mengelaborasi program "Jabar Masagi" dalam waktu dekat. Jabar Masagi adalah pendidikan karakter yang berpijak pada pendidikan budi pekerti serta berdampak terhadap akhlak sosial yang mengandung keluhuran nilai-nilai kearifan lokal sesuai kebutuhan dan konteks budaya masing-masing wilayah di Jabar.

Salah seorang anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat Tahun 2019-2024, Amung Ma’mun mengatakan, anggotanya memerlukan pembicaraan lebih lanjut berkaitan dengan beberapa prioritas yang akan dijalankan di masa jabatan lima tahun. “Terutama literatur-literatur yang kuat agar dewan pendidikan bisa berkolaborasi dan mencari informasi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat kami akan berkumpul dan berkoordinasi antar-anggota,” ujarnya, saat diwawancara usai Pengukuhan Anggota Dewan Pendidikan 2019-2024 di Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

Ia mengatakan, berbagai program akan dibahas secara bertahap, terutama Jabar Masagi yang bisa diterapkan pada guru, kepala sekolah, dan semua lapisan pendidikan. Apabila program ini berhasil maka Jabar bisa memimpin di tingkat nasional dan masyarakat Jabar juga turut berkontribusi besar dalam membangun bangsa ini.

Melalui Jabar Masagi, lanjutnya, setiap peserta didik tidak hanya pintar secara IQ, tapi juga secara emosional dan spiritual. Bahkan keempat nilai, yakni surti, harti, bukti, bakti yang didapat dari filosofi Sunda serta cinta agama, bela negara, jaga budaya, dan cinta lingkungan menjadi materi pokok yang harus diajarkan.

“Dewan pendidikan perlu mencermati secara mendalam apa yang bisa disumbangkan dan apa yang akan dicanangkan ke depan agar bisa memberikan pendidikan terbaik bagi Jawa Barat,” ujarnya.

Sebanyak 9 anggota dewan pendidikan yang baru dilantik, yaitu Dr. Ir. Syamsul Bahri, M.S.E., Dr. H. Amung Ma'mun, M.Pd., Dr. il Mirifai, M.Pd., Drs. Teguh Wahyudi, M.Pd., Hj. Anna Angraeni, M.Pd., Idris Affandi, S.Pd., M.Pd., Rusi Rusmiati Aliyah, M.Pd., Dudu Nurjaman, S.Pd., M.Pd., dan Iman Subasman, M.Si. siap mengelaborasi Jabar Masagi. Secara umum, konsep Jabar Masagi  yakni sebagai pijakan jati diri dengan keterampilan abad 21 untuk kemajuan generasi muda Jawa Barat ke depan.***

Sebagai informasi, Rusi Rusmiati Aliyah, M.Pd., salah seorang anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat yang baru saja dikukuhkan tersebut merupakan dosen tetap di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.

Sumber berita: http://disdik.jabarprov.go.id/news/1345/dewan-pendidikan-jabar-2019-2024-segera-elaborasi-program-jabar-masagi