Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan Pendampingan Teknis Pendaftaran Magang dan Studi Independen Bersertifikat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting pada Senin (5/7/2021).  Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, para Wakil Dekan I dan Kepala Program Studi, serta para mahasiswa yang akan mengikuti program magang dan studi independen bersertifikat.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP dalam sambutannya menuturkan, kegiatan pendampingan pendaftaran hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Diharapkan dari kegiatan ini para mahasiswa dapat lebih memahami teknis pendaftaran, terlebih adanya seleksi dalam proses magang dan studi independen bersertifikat yang diselenggarakan.

“Tentunya yang diharapkan pada program magang dan studi independen MBKM adalah yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, ini akan memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baik itu dari kegiatan magang maupun studi independen. Sehingga mahasiswa perlu mencermati dengan baik bagaimana teknis yang akan disampaikan hari ini. Teriring doa, semoga kegiatan kita hari ini proses pendampingan pendaftaran kedua kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar dan mendapat ridho Allah SWT,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur DIKJAR UNIDA Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd menyampaikan, pada dasarnya setiap kegiatan program MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek sudah diikuti dengan baik. Dari mulai program pertukaran mahasiswa, program kampus mengajar, hingga saat ini program magang dan studi independen bersertifikat.

Lebih lanjut Dr. La Ode Amril, M.Pd mengatakan bahwa yang menjadi perhatian pada program magang dan studi independen bersertifikat ini ialah adanya proses seleksi terlebih dahulu. Adapun proses seleksi dilaksanakan secara sangat ketat karena bersaing dengan mahasiswa di perguruan tinggi lain secara nasional. Maka diperlukan persiapan dari para mahasiswa agar dapat memanfaatkan peluang untuk mengikuti program magang dan studi independen bersertifikat tersebut.

“Harapan kami semoga mahasiswa benar-benar mengikuti teknis pendaftaran, bagaimana cara melakukan pendaftaran di akun MBKM untuk program magang dan studi independen nanti yang akan disimulasikan pada kesempatan ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Bidang MBKM DIKJAR UNIDA Bogor, Yuppy Triwidatin, SE., M.Pd memaparkan terkait teknis pendaftaran dengan melakukan simulasi dari mulai cara membuat akun hingga submit pendaftaran.

“Pertama, mendaftar di laman yang sudah disediakan, kemudian mencari tempat magang studi independen bersertifikat yang sesuai dengan passion, lalu ikuti semua tahapan seleksi, pilih salah satu tempat magang dan studi independen bersertifikat yang berdampak, juga jangan lupa diskusian dengan dosen pembimbing,” paparnya.

Untuk diketahui, timeline pendaftaran program magang dan studi independen bersertifikat dimulai sejak tanggal 10 Juni hingga 31 Juli 2021. Adapun proses seleksi dan penerimaan mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 15 Juni sampai dengan 7 Agustus 2021.