Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi Islam (FEI) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor mendorong masyarakat di wilayah Kp. Cibulao, Desa Cisarua, Kabupaten Bogor, untuk mampu berdaya saing meningkatkan ekonomi di tengah pandemi. Hal yang dilakukan salah satunya yaitu melalui kegiatan pelatihan pembuatan Kerupuk Kopi.

Hal ini dikarenakan di wilayah Kp. Cibulao memiliki produk unggulan yakni produk biji kopi, sehingga diharapkan masyarakat wilayah Desa Cisarua dan Kp. Cibulao khususnya dapat memanfaatkan potensi yang sudah ada tersebut.

Yusup Bachtiar selaku Ketua pelaksana kegiatan mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat bahwa kopi dapat diolah menjadi panganan lain berupa kerupuk kopi. Harapannya agar masyarakat Kp. cibulao dapat menjadikan kerupuk kopi ini sebagai produk UMKM unggulan Kp. Cibulao.

“Kegiatan yang diinisiasi oleh kelompok KKN FEI Desa Cisarua 01 ini ini diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan ekonomi masyarakat. Melalui produk unggulan yang sudah ada sebelumnya, dapat dimanfaatkan kembali potensi tersebut untuk dijadikan hasil panganan lain yang tentunya bernilai ekonomis tinggi,” tuturnya.

Yusup Bachtiar menambahkan, kegiatan pelatihan ini selanjutnya akan rutin dilaksanakan sebagai bentuk pendampingan masyarakat dari tindak lanjut program KKN tersebut. Lalu untuk menyiasati kerumunan, kegiatan pelatihan tersebut dibagi ke dalam beberapa titik.

Rencananya untuk pelatihan lanjutan ada, diharapkan agar masyarakat Kp. Cibulao bisa mendalami produk kerupuk kopi dan bisa diperjual belikan secara meluas,” tuturnya pada saat diwawancarai.

Selain sebagai wadah pelatihan bagi masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara FEI UNIDA Bogor dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan masyarakat sehingga diharapkan FEI UNIDA Bogor dapat lebih berperan serta aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Salah satu warga Kp. Cibulao, Herdi suverdi menuturkan, kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam program KKN tersebut sangat membantu masyarakat dalam membangun dan memajukan ekonomi masyarakat.

“Kami sangat mendukung adik-adik mahasiswa yang sudah meluangkan waktunya membuat program-program dan kegiatan yang  berguna untuk membantu perekonomian masyarakat di sini, semoga masyarakat dapat lebih termotivasi untuk melihat peluang dan memaksimalkan potensi yang sudah ada di sekitar,” ujarnya.