Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor lakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Melalui Program Literasi Berbasis Digital dan Pojok Baca” di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang diikuti oleh 32 mahasiswa tersebut dilaksanakan mulai pada tanggal 31 Januari sampai dengan 3 Februari 2022.

Dekan FKIP UNIDA Bogor Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan merupakan kegiatan pengabdian pertama mahasiswa FKIP yang dilakukan secara langsung terjun ke masyarakat setelah lebih dari 2 tahun karena pandemi Covid-19.

Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk mengamalkan tridarma perguruan tinggi.

“Setelah lebih dari 2 tahun, ini menjadi kegiatan pengabdian pertama yang dilakukan mahasiswa FKIP secara offline, semoga bisa menjadi pengalaman berharga bagi teman-teman karena bisa terjun ke masyarakat secara langsung,” tuturnya pada saat melepas para mahasiswa pengabdian, Senin (31/1/2021).

Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I menuturkan, para mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa wajib menunjukkan kapasitas sebagai agen-agen perubahan, yang memang mempunyai kewajiban secara moral untuk ikut membangun bangsa dimulai dari lingkungan yang ada disekitar.

“Kita punya tugas dalam tridarma perguruan tinggi, bukan hanya dosen, tetapi mahasiswa juga sebagai agent of change, calon pemimpin bangsa. Mari kita berkontribusi kepada masyarakat, mengukir sejarah yang bagus di masyarakat yang nanti ke depannya mudah-mudahan itu bisa menjadi bekal,” ujarnya.

Mengingat masa pandemi saat ini yang masih menjadi perhatian, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I menitipkan kepada para mahasiswa agar selalu dapat berhati-hati dan tidak mengabaikan protokol kesehatan. Di akhir, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I berpesan agar para mahasiswa membuat sebuah luaran yang dapat bermanfaat serta membawa kebaikan bagi masyarakat.

“Mohon untuk luarannya dikerjakan sampai akhir, karena sebuah kegiatan yang baik itu bukan hanya dari input dan prosesnya saja, namun tetap harus ada output nyata yang terlihat. Sehingga tidak di permulaan saja, tetapi sampai di akhirnya,” pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Asraf Al Afgani selaku Ketua BEM FKIP UNIDA Bogor menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan pengabdian. Asraf Al Afgani menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja BEM FKIP UNIDA Bogor sebagai bentuk tanggung jawab pengamalan tridarma perguruan tinggi.

 “Terima kasih kepada para jajaran pimpinan dekanat FKIP, maupun pimpinan Rektorat yang telah mengizinkan kami untuk dapat melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat ini. Seperti tadi disampaikan, kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu bagian dari tridarma perguruan tinggi yang mana mahasiswa juga memiliki kewajiban tersebut. Maka dari itu melalui program ini BEM FKIP mengajak para mahasiswa FKIP, baik itu program studi Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, maupun Pendidikan Bahasa Arab untuk  melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.