Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor resmi dilantik sebagai Ketua merangkap Anggota Dewan Pusat Pengawas Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran pada hari Rabu (20/1) di Kantor Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek (BLU PPK) Kemayoran. Acara pelantikan berlangsung secara langsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker) serta melakukan prosedur tetap dengan telah melakukan pemeriksaan PCR SARS CoV-2.

Dalam acara pelantikan ini terdapat 3 nama yang dilantik, diantaranya Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM sebagai ketua merangkap anggota Dewan Pengawas BLU PPK Kemayoran; Marsekal Muda TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai anggota; dan Ah Maftuchan sebagai anggota. Lama masa jabatan keanggotaan Dewan Pengawas BLU PPK Kemayoran selama lima (5) tahun dan untuk pelantikan saat ini merupakan masa jabatan untuk periode tahun 2021-2026.

Ucapan dan dukungan datang dari Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH selaku Chancellor UNIDA Bogor yang menyampaikan rasa suka cita mendengar kabar bahwa Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM telah resmi dilantik.

“Selamat saya ucapkan kepada Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM, atas pengangkatannya sebagai Ketua Dewan Pengawas BLU PPK Kemayoran, mari sama-sama kita doakan semoga Pak Jaka sukses dan selamat, karena di sana banyak onak dan duri, cobaan serta godaan, pesan saya selalu berhati-hati dalam mengambil langkah dan tindakan. UNIDA Bogor khususnya Magister Ilmu Hukum (MIH) dan Fakultas Hukum (FH) siap memberikan dukungan penuh, dan juga saya sampaikan selamat kepada MIH dan Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor karena sudah menerapkan Merdeka Belajar Kampus Berdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” ucap Chancellor UNIDA Bogor.

Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si selaku Rektor UNIDA Bogor menyampaikan ucapan selamat dan ungkapan rasa bahagia atas dilantiknya  Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM.

“Saya mewakili keluarga besar Insan UNIDA Bogor mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya bapak Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM sebagai ketua merangkap anggota Dewan Pengawas BLU PPK Kemayoran, UNIDA Bogor siap memberikan dukungan kepada bapak. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan kekuatan lahir batin agar tetap istiqomah dalam menjalankan amanah sebaik-baiknya serta dapat memberikan manfaat kontribusi yang besar bagi pribadi dan instansi. Aamiin ya rabbal Alamin,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Di temui saat wawancara secara virtual, Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM menyampaikan rasa syukur serta memohon doa restu agar diberikan kelancaran dalam mengemban amanah yang telah diberikan.

“Pertama saya mengucap syukur kepada Allah SWT karena hanya dengan izin-Nya saya menerima amanah besar ini dengan tantangan yang besar pula, karena mengelola BLU PPK kemayoran ini berarti kita mengelola aset negara yang besar dan harus kita berdayakan serta tentunya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat sekitar kemayoran dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kedua, peran sebagai dewan pengawas itu bukan peran eksekutif namun harus dapat mendorong peran direksi serta mengawasi pelaksanaan kinerja direksi sesuai dengan amanat dan perundang-undangan yang berlaku maupun kebijakan dari Kementerian Sekretariat Negara selaku pemilik aset yang mewakili negara,” ujar Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM.

Dalam wawancaranya Dr. Achmad Jaka Santos, SH., LLM juga menjelaskan bahwa dengan kinerja yang baik dan kita berprestasi serta senantiasa dapat menjalin hubungan baik dengan seluruh elemen, bukan tidak mungkin kita dapat diberikan kepercayaan untuk dapat ikut serta berperan dalam memajukan negara kita.

“Ketiga, pelantikan ini merupakan pembuktian bahwa Kementerian Sekretariat Negara selaku pengelola aset negara juga menghargai profesional dengan latar belakang keilmuan yang sesuai dengan bidangnya, penghargaan keilmuan tersebut menjadikan saya dipercaya untuk menjadi pengawas BLU PPK Kemayoran, karena saya mewakili unsur tenaga ahli dan professional dalam bidang akademisi. Tentunya ketiga hal itu secara pribadi menjadi cambuk sekaligus motivasi bagi saya untuk kiranya dapat membuktikan bahwa amanah ini harus dapat saya jalankan dengan baik, dengan demikian saya memerlukan doa restu dan dukungan dari rekan-rekan UNIDA Bogor para senior untuk senantiasa saya dapat menjalankan amanah ini secara konsisten dan selamat selama menjalankan amanah ini yang mungkin saja terjadi, seraya saya pribadi selalu meminta perlindungan kepada yang maha kuasa,” tambahnya.

Informasi lebih jauh berkaitan dengan BLU PPK kemayoran dapat dicek melalui website berikut http://www.setneg-ppkk.co.id/